1.381 Mahasiswa Diwisuda, Rektor Minta Lulusan Unimed Perkuat Skill Di Bidang IT

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Rektor Unversitas Negeri Medan (Unimed) Dr. Syamsul Gultom mengatakan,pihaknya terus melakukan berbagai terobosan untuk mekahirkan lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja.

        

Misalnya, semua mahasiswa Unimed mulai program S1 sampai S3 wajib mengikuti mata kuliah Kepemimpinan, yang perioritasnya adalah mempersiapkan lulusan menjadi pemimpin disemua sektor kehidupan manusia,” kata Syamsul Gultom pada wisuda 1.381 sarjana baru Unimed secara daring, Rabu (24/11).

Kepada sarjana baru Unimed, rektor, berpesan agar memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran dibidang IT. “Kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital saat ini, agar saudara terus mampu bersaing didunia kerja yang semakin kompetitif,” imbau Dr Syamsul.

Selain kualitas lulusan, SDM dosen dan kualitas kurikulum yang bermutu terus ditingkatkkan guna menyesuaikan perkembangan era digital dan tantangan industri 4.0 dan society 5.0 era disrupsi teknologi serta kebutuhan pasar kerja.

Dalam konteks ini, sambungnya, Unimed bekerjasama dengan berbagai elemen, mulai dari pemerintah daerah, dunia industri, dan perusahaan. Disamping itu, upaya ini juga sebagai wujud menyukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hadir dalam acara wisuda itu, ketua Senat, Prof Syawal Gultom, wakil Rektor, dekan, direktur Program Pascasarjana, ketua Lembaga, dan dosen Unimed dengan penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, kata Syamsul, untuk program MBKM, 55 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankan. Bahkan, katanya, setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia.

“Semester ini ada 303 mahasiswa Unimed mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia dan Eropa,” sebut rektor disaksikan para wisudawan secara daring.

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 802 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Disisi lain, katanta, mahasiswa Unimed juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih lima0 Medali di PON XX di Papua sebagai kontingen Sumatera Utara, dan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. “Kami berharap lulusan Unimed kedepan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” katanya. Masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed melahirkan lulusan berdaya saing global. (m19)

Waspada/Ist
Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom saat menyampaikan sambutan pada wisuda 1.381 sarjana baru Unimed secara daring, Rabu (24/11).

V
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *