Waspada
Waspada » 1.000 Peserta Ikuti Vaksin Massal Lintas Agama Di UMSU
Medan

1.000 Peserta Ikuti Vaksin Massal Lintas Agama Di UMSU

Rektor UMSU, Dr Agussani menyaksikan vaksinasi Covid-19 terhadap salah seorang peserta vaksin massal di kampus UMSU. Waspada/M. Ferdinan SM
Rektor UMSU, Dr Agussani menyaksikan vaksinasi Covid-19 terhadap salah seorang peserta vaksin massal di kampus UMSU. Waspada/M. Ferdinan SM

MEDAN (Waspada): Sebanyak 1.000 peserta dari sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan para tokoh lintas agama mengikuti vaksin Covid-19 di kampus UMSU, Sabtu (10/4).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lintas agama dibuka secara resmi Koordinator Substansi Pendayagunaan Sumber Daya dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, dokter Indro Purwoko.

“Kementerian Kesehatan sangat mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi lintas agama dilaksanakan di UMSU. Hal ini bentuk sebuah kontribusi aktif dari sivitas akademika dan lintas agama dalam upaya meningkatkan cakupan atau pelaksanaan program vaksinasi massal,” katanya.

Menurut dia, proses pelaksanaan vaksin dilakukan di UMSU sudah ditata dan berjalan dengan baik. Untuk itu pihaknya berharap pelaksanaan vaksin dapat meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa kebutuhan vaksinasi sangat diperlukan.

Selanjutnya dalam penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 tahap kedua diharapkan juga bisa kembali direncanakan dengan baik, karena pemahaman masyarakat yang terus berkembang mungkin menginginkan untuk ikut divaksin.

“Artinya ketika ada saudaranya atau temannya yang sudah divaksin tentu bisa jadi muncul keinginan ikut juga minta divaksin,” katanya. Kementerian Kesehatan menyampaikan apresiasi kepada rektor UMSU, pengurus Muhammadiyah wilayah Sumatera Utara kemudian Rumah Sakit Muhammadiyah Medan yang memberikan kontribusi aktif dan nyata dalam proses vaksinasi ini.

”Kami dari Kementerian Kesehatan tentu tidak dapat bekerja sendiri dan butuh kontribusi dari berbagai pihak dan Ini Salah satu wujud dari kontribusi tersebut,” katanya.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP di sela kegiatan vaksinasi tersebut mengatakan sebagai perguruan tinggi, pihaknya tidak hanya fokus pada pendidikan, namun juga fokus pada kegiatan sosial, sebagai sumbangsih kepada bangsa ini yang sedang menghadapi masalah pendemi Covid-19.

Vaksinasi massal yang dilakukan hari ini, kata dia, adalah bagian dari tanggungjawab UMSU untuk turut berpartisipasi secara langsung bagaimana program vakinasi yang dijalankan secara nasional berjalan dengan baik ahar pandemi ini dapat segera berakhir.

“Dalam menggelar vaksinasi massal ini kita didukung penuh Kemenkes, Dinkes dan Pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan,” katanya.

Ia mengatakan, UMSU memiliki sejumlah fasilitas seperti rumah sakit, Fakultas Kedokteran, tenaga kesehatan dan relawan yang setiap saat siap diterjunkan dalam membantu pemerintah menekan Covid-19.

Ketika ada tawaran dari Kemenkes kepada UMSU untuk melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat termasuk lintas agama, maka pihaknya dengan sigak langsung membentuk kepantiaan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Meski waktunya cukup singkat, Alhamdulillah apa yang kita laksanakaan hari ini berjalan dengan baik dengan didukung semua pihak dan dorongan PP Muhammadiyah dan Kemenkes. Kita tahu cukup banyak yang datang ke UMSU untuk ikut vaksinasi, Namun kita membatasi pendaftaran lebih kurang 1000 orang,” katanya.

Ia juga menyampaikan setelah berkoodinasi dengan PP Muhammadiyah dan Kemenkes, kegiatan seperti itu tidak hanya digelar sekali itu saja, melainkan akan ada kelanjutannya.

Apresiasi

Sebelumnya, Ketua FKUB Medan, Ustadz H. Ilyas Halim, MPd mengatakan sangat mengapresiasi UMSU yang memfasilitasi kegiatan vaksin Covid-19 lintas agama.

“Universitas Muhammadiyah telah merajut dan merawat kerukunan di Sumatera Utara menghadirkan semua tokoh-tokoh agama lintas agama ada enam agama yang ada di Indonesia hadir pada hari ini dalam rangka pelaksanaan vaksin Covid-19,” katanya.

Hadir dalam kegiatan itu sejumlah Pengurus Wilayah Muhammadiyah, Dokter Umi Syarqiah dari MCCC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, ulama, diantaranya, K H. Amiruddin, MS, KH. Zulfikar Hajar, Ustadz Amhar Nasution, Para Tokoh Lintas Agama, Pendeta Marhasil Hutasoit, MTH, Pastor Yosafat Sinaga, OFM.CAP, James SH. (m19)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2