Longsor di Ethiopia Tewaskan 22 Orang

Longsor di Ethiopia Tewaskan 22 Orang
Pencarian korban yang tertimbun longsor di Ethiopia. FBC

     ADDIS ABABA, Ethiopia (Waspada): Sedikitnya 22 orang dilaporkan tewas akibat bencana tanah longsor yang melanda selatan Ethiopia. Tim penyelamat berjuang mencari warga yang tertimbun dengan bantuan alat berat.

     Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (16/10), tanah longsor di distrik terpencil Konta terjadi pada Minggu, setelah hujan lebat selama 10 jam. "Ada 22 orang tewas dan kami hanya bisa menggali 17 menggunakan tenaga manusia dan tenaga mesin," kata pejabat setempat Takele Tesfu.

     "Sejauh ini, kita tidak bisa menemukan yang lain, jadi besok kita akan terus menggali," tambahnya. Dia mengatakan, para korban termasuk sembilan perempuan dan enam anak.

     Sementara di distrik yang terletak di wilayah lain juga dilanda tanah longsor parah. Namun menurut Takele, ini adalah yang paling mematikan yang bisa dia ingat. "Daerah di mana ini terjadi sangat berbukit-bukit, dan ini berarti tanah longsor itu sangat berbahaya," katanya.

     Ethiopia saat ini sedang mendekati akhir musim hujan. Namun pasukan keamanan tetap mengevakuasi beberapa keluarga karena khawatir bahwa hujan akan terus turun dalam beberapa hari mendatang dan menyebabkan bencana serupa. (afp/And)