Legimin Cs Optimis Atasi Martapura

MEDAN (Waspada): PSMS Medan akan menghadapi Martapura FC dalam pertandingan kedua babak delapan besar Liga 2 Indonesia 2019 di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Kamis (14/11) besok sore mulai pukul 15.30 WIB.

Legimin Cs Optimis Atasi Martapura
PEMAIN PSMS saat latihan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang. Skuad Ayam Kinantan akan menghadapi Martapura FC dalam laga kedua, Kamis (14/11) besok sore. Waspada/ist

Kedua tim sama-sama belum meraih kemenangan pada laga perdana. PSMS masih lebih baik karena mampu bermain imbang 1-1 dengan Persik Kediri. Sedangkan Martapura FC harus menelan kekalahan atas Persita Tangerang 2-3.

Kapten PSMS, Legimin Rahardjo, mengaku optimis skuad Ayam Kinantan mampu meraih hasil maksimal atas Martapura. Menurutnya, paling penting seluruh pemain bekerja keras dan mengikuti instruksi tim pelatih.

"Insya Allah semua pemain sudah siap bertanding. Ini kesempatan PSMS untuk kembali ke kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Makanya kesempatan ini tidak boleh disia-siakan, semua pemain harus berjuang maksimal," ujar Legimin, Selasa (12/11).

Legimin mengaku persiapan tim sudah dilakukan dengan baik dan semua pemain sudah melaupakan hasil laga sebelumnya. "Kami sudah lupakan hasil imbang kemarin. Sekarang fokus lawan Martapura dan kawan-kawan sudah siap untuk itu," ucapnya.

Hal senada dikatakan striker PSMS, Ilham Fathoni. Dia mengaku akan bermain habis-habisan untuk membawa PSMS meraih tiga angka dari Martapura FC. Menurutnya, jika kembali gagal meraih kemenangan, maka pada laga ketiga akan semakin berat perjuangannya.

"Lawan Martapura kami akan memperbaiki penampilan, karena kemenangan di laga kedua ini sangat penting untuk tim terus menjaga peluang melaju ke semifinal," ujarnya.

Perkuat Mental

Pelatih PSMS, Jafri Sastra mengaku tidak ingin para pemainnya merasa terbebani untuk meraih kemenangan di laga kedua nanti. Dia berharap seluruh pemain fokus dan berusaha menampilkan permainan terbaik.

"Harus diakui memang pada laga-laga seperti ini mental pemain harus kuat. Kalau memang mereka punya keinginan PSMS musim depan main di Liga 1, Insya Allah mereka bisa dapat tiga poin (lawan Martapura FC)," ujar Jafri.

Dikatakan, menjelang melawan Martapura FC, tim pelatih fokus memperbaiki mental dan kepercayaan diri Legimin Rahardjo cs. Pasalnya pada laga perdana sebelumnya dia melihat para pemain seperti kurang percaya diri.

"Sekarang kita hanya memperbaiki mental bertanding dan kepercayaan diri pemain. Karena kalau kurang percaya diri jadi salah umpan, salah kontrol bola, sehingga imbasnya ke mental. Itu yang mau kita perbaiki untuk laga berikutnya," ujarnya.

Mental dan kepercayaan diri pemain saat laga perdana kemarin memang tak sesuai yang diharapkan pelatih. Pemain seperti terlihat canggung dan berhati-hati memainkan bola. PSMS pun harus mengalami kebobolan di babak pertama.

Memang mengawali laga perdana menurut Jafri tidak mudah. Siapa yang siap dan menguasai panggung babak perempatfinal dialah yang bisa memenangi pertandingan. Untuk itu, selain memperbaiki mental anak asuhnya, Jafri juga tak luput membenahi organisasi permainan.

Kemungkinan juga ia akan melakukan rotasi pemain saat hadapi Martapura nanti.

"Organisasi permainan kita sedikit benahi. Melihat pemain, apakah nanti ada yang dirotasi atau tidak, kita masih punya waktu latihan sehari lagi," katanya.

Usai meraih hasil imbang di laga perdana, tim Ayam Kinantan tak mau mendulang hasil yang sama. PSMS harus meraih kemenangan atas Martapura demi menjaga asa mereka lolos ke babak semifinal. Saat ini PSMS berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan mengoleksi satu poin. Puncak klasemen dihuni oleh Persita Tangerang. (cat/C)