Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Medan Diharapkan Capai Masyarakat Sehat Dan Sejahtera

  • Bagikan
KETUA TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu didampingi Kadis P2KB Kota Medan, Suryadi Panjaitan mengunjungi warga yang tengah memasang alat kontrasepsi KB di Pelayanan KB Puskesmas Bestari Medan Petisah. Foto/Mahbubah Lubis
KETUA TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu didampingi Kadis P2KB Kota Medan, Suryadi Panjaitan mengunjungi warga yang tengah memasang alat kontrasepsi KB di Pelayanan KB Puskesmas Bestari Medan Petisah. Foto/Mahbubah Lubis

MEDAN (Waspada): Pemerintah Kota Medan kembali menggelar Pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Kota Medan yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan ( DP2KB Kota Medan) di Gedung Serbaguna PKK KB pada Rabu (1/12).

Kegiatan yang digelar setiap tahun ini dibuka oleh Walikota Medan, Bobby Afif Nasution yang diwakilkan Asisten Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Kota Medan, Muhammad Sofyan.

Disampaikannya bahwa kegiatan yang bertemakan optimalkan peran mitra kerja dalam mendukung program bangga kencana untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan ini sangat disambut baik.

Katanya, Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan sudah mencapai banyak hal khususnya dalam mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“PKK telah menjadi agen pembangunan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga sehingga menjadi lebih berdampak efektivitasnya dengan kader-kadernya yang menjangkau sampai tingkat kelurahan bahkan sampai ke tingkat keluarga,” ucap Sofyan mantan Kasatpol PP kota Medan ini.

Ketua TP PKK Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution yang juga hadir dalam kegiatan itu mengatakan sangat senang. Pihaknya dari PKK kota Medan menegaskan sangat mendukung program pemerintah, yaitu dua anak lebih baik.

“Kita sangat mendukung program pemerintah dan PKK ini berperan sebagai mitra kerja pemerintah akan membantu mensukseskan apa yang dicanangkan pemerintah. Kita juga berharap apa yang menjadi target kita dapat tercapai sesuai yang ditargetkan,” ucap Kahiyang Ayu, yang saat itu menyempatkan mengunjungi warga yang sedang memasang KB di Pelayanan KB Puskesmas Bestari, Petisah.

Di kesempatan itu bahkan Ia juga mengatakan sangat senang melihat antusias masyarakat kota Medan dalam ber-KB.

“Yang melakukan KB di kegiatan inikan hanya sedikit dari masyarakat yang sesungguhnya sudah melaksanakan KB, saya sangat senang melihat antusias masyarakat yang mau melakukan program KB,” ucapnya anak presiden Jokowi ini.

Hadir jajaran kepala dinas dan juga kader- kader PKK kota Medan.

Sebelumnya, Kepala Dinas P2KB Kota Medan, Suryadi Panjaitan dalam laporannya mengatakan bahwa rangakaian kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja, memperluas jangkauan layanan, meningkatkan kualitas layanan serta mempercepat layanan khusus KB dan program kesehatan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat khususnya kader PKK kota Medan untuk bersinergi dengan instansi perangkat daerah dalam membangun kesehatan masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

Untuk dasar pelaksanaan DPA Dinas P2KB tahun anggaran 2021 kemudian surat deputi keluarga berencana kesehatan reproduksi BKKBN RI.

Dalam kesempatan itu juga ia mengatakan, Pencanangan PKK KB Kes ini merupakan program tahunan, dalam hal ini Pemerintah kota medan dan mitra khususnya PKK. Sehingga katanya ini merupakan kegiatan cukup baik selain mengendalikan pertambahan penduduk juga bisa menurunkan kasus stunting.

Pencanangan ini kita berharap bersatu semua bersama untuk pengendalian jumlah penduduk juga bersinergi langsung untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain iti program pemerintah yang kita tau dnegan terkendalinya ini nanti kita harapkan penurunan stunting akan berjalan dnwgan baik.

Rangkaian kegiatan diantaranya melayani pelayanan KB operasi pria atau Vasektomi sebanyak 15 pria dari 15 kecamatan, pelayanan metode operasi wanita atau Tubektomi sebanyak 50 orang yang digelar Rumah Sakit dr Pirngadi Medan, juga melayani KB iud dan implan serta juga ada pemeriksaan Iva test di Puskesmas Bestari.

Disampaikannya juga sangat bangga bangga bahwa kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan dengan kolaborasi antar instansi yang ada di kota Medan.

Menariknya pada kegiatan ini, Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu menyempatkan diri mengunjungi stand UMKM dan ia terlihat memborong produk-produk UMKM dan juga membagikanya kepada tamu undangan lainnya.

Jelas ini membuat para pelaku UMKM menjadi senang dan bangga produknya diborong oleh Kahiyang Ayu.

“Senang sekali, kerupuk jangek saya dan sirup buatan kita diborong oleh buk Walikota,” ucap Fitri UMKM kerupuk jangek.

Dalam kegiatan itu juga dilangsungkan sejumlah penyerahan hadiah kepada TPP PKK kota Medan terbaik, dan juga penyerahan cenderamata kepada ketua tim pengerak PKK kecamatan. (cbud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *