Hadapi UKW, PWI Latih Puluhan Wartawan - Waspada

Hadapi UKW, PWI Latih Puluhan Wartawan

  • Bagikan

IDI (Waspada): Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melatih sebanyak 30 wartawan muda yang bekerja dalam Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (13/11). Selama sehari penuh, insan pers itu dilatih dasar dan kisi-kisi Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Wartawan yang kita latih dalam pelatihan kali ini adalah wartawan muda yang bekerja bertugas di daerah ini, bahkan sebagian jurnalis yang selama ini di dunia konservasi,” kata Ketua PWI Aceh Timur, Musyawir, didampingi Sekretarisnya, Ilyas Ismail, kepada Waspada, Minggu (14/11).

Tujuan dilatihnya wartawan muda itu guna memahami tugas-tugas jurnalistik dan mendalami mata uji dalam UKW atau UKJ, sehingga siap dalam menghadapi UKW maupun UKJ. “Peserta yang kita libatkan sebanyak 30 wartawan muda, dan 15 wartawan di dalam PWI.

“Setelah menyimak materi selama sehari penuh, ternyata menjadi wartawan itu tidak mudah. Namun setelah menjadi wartawan, maka mengikuti UKW atau UKJ itu tidak sulit, sebab pertanyaan-pertanyaan dalam UKW atau UKJ itu berkaitan dengan tugas-tugas jurnalistik,” sebut Musyawir.

Sementara Muhammad Hamzah, dalam mengisi materi Pelatihan Jurnalistik itu mengatakan, pekerjaan jurnalis tersebut sangat mulia, karena sajian berita melalui medianya sebagai bentuk dakwah menyampaikan informasi kekinian. “Setiap tulisan kita itu dibaca banyak orang, sehingga berikan yang terbaik untuk orang lain, sehingga tulisan kita itu bermanfaat,” sebutnya.

Apresiasi

Pelatihan Jurnalis yang dirangkai dengan Sosialisasi UKW dan Ekonomi Berbasis Digital itu diikuti puluhan insan pers. Agar kegiatan itu tepat sasaran, maka panitia mengundang sejumlah pamteri seperti Muhammad Hamzah, S.Ag, M.Kom (Banda Aceh), dan Musyawir serta Cek Mad (Aceh Timur).

Kegiatan itu dipandu Ridwan Suud dan Ilyas Ismail. Atas kehadiran peserta tepat waktu sesuai dengan kuota yang disiapkan, pihak panitia memberikan acungan jempol, termasuk pimpinan organisasi pers dalam wilayah Aceh Timur, seperti Persatuan Wartawan Aceh Timur (Pesawat), AWAI, AWNI, IWO, PWO, JMA, dan JJAT.

“Kita apresiasi dukungan para pihak, baik Pemkab Aceh Timur, PT Medco EP Malaka dan PT Pertamina PHO serta PT Bank Aceh yang ikut menyajikan materi, sehingga pelatihan ini terlaksana dengan sempurna,” kata Korlap Pelatihan Jurnalistik, Cek Mad.

Diharapkan, dukungan para pihak nantinya terus berlanjut dalam berbagai kegiatan lain yang digelar PWI Aceh Timur, karena banyak kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan, seperti pembinaan wartawan, sosialisasi UU Pers untuk pemangku kepentingan, dan pelatihan jurnalistik berbasis lingkungan serta kemping konservasi.

“PWI juga menggelar baksos seperti donor darah, bahkan ke depan kita akan melakukan pelatihan-pelatihan tingkat dasar seperti jurnalis masuk sekolah dan jurnalistik pesantren, sehingga kami berharap kepedulian pihak sponsorship akan terus mengalir ke PWI dalam menjalankan program ini,” demikian Cek Mad, didampingi Ketua Panpel, Maulana Amri. (b11)

ISI MATERI: Muhammad Hamzah mengisi materi Pelatihan Jurnalistik Dasar, Sosialisasi UKW dan Ekonomi Berbasis Digital di The Royal Hotel Idi, Aceh Timur, Sabtu (13/11). Waspada/M. Ishak

  • Bagikan