Berhadiah Rp120 Juta, Kratingdaeng Gelar Lomba Komunitas

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Asia Health Energi Beverages (AHEB), produsen Kratingdaeng menggelar lomba bagi komunitas. Berhadiah Rp120 juta untuk empat katagori penilaian, lomba komunitas dimaksudkan sebagai upaya mewadahi berbagai kegiatan positif yang dijalankan berbagai komunitas di Tanah Air. Tujuan lomba ini agar komunitas bisa lebih berdampak di masa mendatang.

Berdasarkan data Sosial Media Line dan Kominfo sejak 2008 sampai 2021, jumlah komunitas yang bermunculan mencapai hampir 400 ribu. Komunitas ini ada di berbagai platform social media seperti IG, FB, Twitter, YouTuber, Tiktok dll.

“Kami memberikan dukungan kepada semua komunitas di bidang apapun yang bisa memberikan inspirasi kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda. Kami menyebutnya Kratingdaeng Community. Kehadiran Kratingdaeng Community diharapkan meramaikan ranah komunitas yang ada dan juga menghasilkan aktivitas-aktivitas positif,”ujar CMO AHEB, Ricky Suhendar dalam acara Media Gathering secara online di Jakarta, Kamis (21/4).

Ditambahkan Ricky, pada masa pandemi ini, kehadiran komunitas memberikan banyak inspirasi buat masyarakat dan lingkungan secara umum. Hal-hal seperti ini harus terus diberdayakan baik oleh pemerintah maupun swasta.

“Hadirnya komunitas memang dirasa membantu mensosialiasikan informasi penting, bahkan mampu membantu menyebarkan banyak informasi di masa pandemi,” tambah Ricky.

Diharapkan pada masa endemi, komunitas pun semakin ramai dan beragam secara positif. Misalnya saja komunitas pelancong dan pecinta lingkungan—yang jumlahnya ribuan lebih. Komunitas ini tidak hanya memberikan informasi mengenai lingkungan saja tapi juga ada yang menginformasikan tentang kegiatan membantu kura-kura yang terjerat plastik dan sampah lain. Informasi ini mampu meningkatkan kesadaran orang untuk tidak membuang limbah sembarangan dan lain-lain.

“Kegiatan atau pengalaman menarik dari komunitas-komunitas ini akan dinilai oleh dewan juri dan pemenangnya akan diumumkan saat Community Awarding di akhir tahun 2022,” ujar Ricky.

Ricky mengundang komunitas yang ingin bergabung dan berbagi cerita bisa segera join pada menu sign-in di microsite www.kratingdaengcommunity.com. Kirimkan cerita yang bisa menginspirasi kepada orang lain.

“Komunitas apapun bisa mendaftar dan mengirimkan berbagai kegiatan atau pengalaman menarik pada microsite tersebut baik dalam bentuk narasi cerita, foto ataupun video,” tambahnya.

Beberapa aktivitas dan cerita komunitas yang menarik akan masuk dalam tayangan podcast dengan nama K-Talk. K-Talk bakal tayang setiap bulannya di Youtube Kratingdaeng Indonesia.

“Harapan kami melalui aktivitas Kratingdaeng Community ini dapat memberikan inspirasi dan mampu memberikan energi positif kepada setiap komunitas lainnya untuk berdampak kepada masyarakat lebih luas lagi,” tandas Ricky Suhendar.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif Sandiaga Uno dalam video sambutannya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Kratingdaeng ini.

“Kami tentunya mendukung keberadaan Kratigdaeng Community yang diharapkan di sini akan muncul narasi-narasi positif dari aktivitasnya nanti” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Komunitas Caiden Indonesia yang diwakili oleh Septa Adrian, yang juga hadir pada acara media gathering ini menyepakati dan mendukung rencana AHEB untuk membentuk Kratingdaeng Community.

“Arah komunikasi sekarang memang lebih mengarah pada kegiatan-kegiatan interaktif. Masyarakat sudah lebih bijaksana, cermat dan cerdas dalam memilih produk atau pilihan lainnya. Apalagi dengan munculnya komunitas-komunitas yang diikuti secara sukarela karena memang mereka membutuhkan informasi dari komunitas yang diikutinya,”pungkas Septa Adrian.(J02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.