Aktivis HAM Terkemuka Afghanistan Tewas Ditembak - Waspada

Aktivis HAM Terkemuka Afghanistan Tewas Ditembak

  • Bagikan

     KABUL, Afghanistan (Waspada): Seorang aktivis masyarakat sipil terkemuka tewas ditembak di wilayah Provinsi Nangarhar, Afghanistan, setelah diserang sekelompok orang tak dikenal.

     Seperti dilansir kantor berita Anadolu News Agency dan The Express Tribune, Rabu (13/10/2021), sejumlah saksi mata menuturkan insiden penembakan itu terjadi pada Selasa pagi waktu setempat saat jam-jam sibuk di kota Jalalabad.

     Aktivis yang tewas ditembak diidentifikasi sebagai Abdul Rahman Mawin.

Shad Noor, saudara dari Mawin, telah mengonfirmasi insiden tersebut. Mawin, menurut radio lokal Killid Radio, sedang mengendarai mobilnya ketika para penyerang yang menumpang bajaj tiba-tiba melepas tembakan ke arahnya.

     Usai menembaki Mawin, para pelaku melarikan diri dari lokasi yang ada di distrik ke-4 kota Jalalabad. Belum pihak maupun kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas penembakan ini.

     Dengan kembali berkuasanya kelompok Taliban di Afghanistan, pembunuhan massal masih kerap terjadi di negara rawan konflik tersebut. Pekan lalu, Taliban mengklaim berhasil membongkar persembunyian kelompok ISIS di Kabul.

     Namun beberapa hari setelah itu, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian pembunuhan terarah di wilayah Nangarhar dan Parwan, juga serangan bom bunuh diri di masjid Syiahdi Kunduz yang menewaskan lebih dari 50 orang.

     Sebelum itu, sedikitnya delapan orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di sebuah masjid di Kabul, yang juga diklaim oleh ISIS. Serangan bom itu terjadi saat digelar doa pemakaman untuk mendiang ibunda juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid. (anadolu/m11)

  • Bagikan