235 Kenshi Ikut Pra Pora Shorinji Kempo - Waspada

235 Kenshi Ikut Pra Pora Shorinji Kempo

  • Bagikan
PARA peserta mengikuti pembukaan Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra Pora) III cabang olahraga kempo. Waspada/ist

BANDA ACEH (Waspada): Sedikitnya 235 kenshi putra-putri mengikuti Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra Pora) III cabang olahraga Shorinji Kempo. Kegiatan ini digelar di Gedung Serbaguna, Simeulue, 16-19 November 2021.

Pra Pora Kempo ini dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bupati Simeulue, Novikar Setiadi MSi, Rabu (17/11/). Sebelum mengikuti pembukaan, ratusan kensi dari kontingen 15 kabupaten/kota tersebut mengikuti pawai yang diiringi marching band dalam kawasan kota, Simelue.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persaudaraan Olahraga Shorinji Kempo Indonesia (Pengprov Perkemi) Aceh, Dr Islahuddin MEc CA menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simeulue yang telah bersedia menjadi tuan rumah, sehingga Pra Pora bisa terlaksana. “Kita harapkan berlangsung sukses dari awal hingga selesai,” ujarnya.

“Apresiasi juga saya sampaikan untuk seluruh atlet, pelatih dan ofisial, wasit, dan majelis guru PB Perkemi yang berkenan hadir di Simeulue setelah mengarungi lautan dan perjalanan darat berjam-jam,” sebutnya.

Islahuddin menyebutkan, Pra Pora mempertandingkan 24 nomor yang memperebutkan 24 medali emas, 24 perak dan 36 medali perunggu.

Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf yang diwakili Ketua Bidang Organisasi, Ahyar ST mengatakan, kempo suatu cabang olahraga bagian Kontingen Aceh dalam mencatat prestasi gemilang di kancah Pekan Olahraga Nasional (PON).

Katanya, prestasi tersebut merupakan sejarah baru yang dicapai pada PON XIX/2016 Jawa Barat meraih 8 emas, 7 perak dan 9 perunggu, ranking 17. Prestasi Aceh meningkat pada PON XX/2021 di Papua dengan 11 emas, 7 perak dan 11 perunggu, peringkat 12.

“Membanggakan kita, kempo suatu cabang olahraga yang ikut menyumbang emas pada PON Papua. Semoga Kempo bisa menyumbang emas bagi Aceh pada PON berikutnya,” kata Ahyar yang juga Sekretaris Umum Perkemi Aceh ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Asludin SE menjelaskan peserta dari kabupaten/kota hadir di Simeulue dalam dua gelombang, pertama 13 November menggunakan kapal Aceh Hebat 1.

Gelombang kedua, 15 November 2021, naik kapal KMP Teluk Sinabang. “Semua peserta telah tiba di Simeulue dan siap bertanding di Pra Pora,” tutur dia. (b04/C)

  • Bagikan