Kunjungi Desa Pedalaman, Bupati Paluta Disambut Haru Masyarakat

GUNUNGTUA (Waspada) : Menempuh perjalanan selama 3 Jam dengan rute yang sangat sulit atau berkisar 47 Kilometer dari Ibukota Gunungtua, akhirnya Bupati Padanglawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap beserta rombongan bisa tiba diwilayah Tano Rambe Holbung yang merupakan daerah pedalaman di Kecamatan Dolok, Sabtu (14/9).

Kunjungi Desa Pedalaman,  Bupati Paluta Disambut Haru Masyarakat
Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat mengunjungi desa pedalaman Paluta. (Waspada/Sori Parlah Harahap)

Kehadiran bupati Paluta itu untuk melihat langsung kondisi warganya yang tinggal di daerah pedalaman Kabupaten Padanglawas Utara.  Bupati Paluta Andar Amin Harahap bersama rombongan yakni pimpinan OPD, Camat dan Kodim 0212/TS mampu melewati jalan yang terjal di daerah pegunungan Sipiongot dengan menunggangi kendaraan mobil dinas.

Tidak hanya itu, salah satu kendaraan dinas yang ikut dalam rombongan juga sempat terjatuh ke parit saat melewati jembatan darurat yang terbuat dari kayu.  Setibanya dilokasi yang dituju, tepatnya di Desa Sibio-bio, Bupati Paluta beserta rombongan disambut antusias warga. 

Dengan rasa kaget dan terharu, salah seorang warga bermarga rambe menerobos kerumunan warga, kemudian langsung menagis dan memeluk Bupati Paluta Andar Amin harahap. Dia mengaku, baru pertama kali ini datang Bupati berkunjung ke daerah meraka di pedalaman Kabupaten Padanglawas Utara. 

"Terimakasih atas kunjungannya pak Bupati. Bapak sudah melihat langsung kondisi kami disini, dan sudah melintasi kondisi jalan menuju kesini serta sudah melihat fasilitas sekolah di wilayah kami ini. Kami berharap bapak dapat membangun daerah kami ini seperti masyarakat lainnya yang sudah menikmati pembangunan dari pemerintah, " ucap Rambe kepada Bupati. 

Kemudian, dihadapan masyarakat bupati langsung bercerita dan menyampikan ucapan terimakasihnya juga atas sambutan hangat dari masyarakat yang sangat merindukan kehadirannya itu. 

"Saya juga sangat terharu melihat kondisi yang kalian alami disini. Saya berjanji, tahun ini akan membangun jalan ke daerah ini. Kemudian untuk bangunan sekolah Dasar (SD) akan kita anggarkan tahun 2020 lengkap dengan mobilernya, namun untuk SMA kita akan berkoordinasi dengan Pemprovsu, karena bangunan SMA itu sudah wewenang Provsu, " ungkap bupati.

Disampaikan bupati, selama empat tahun kedepan ia akan mengunjungi seluruh daerah pedalaman di Kabupaten Padanglawas utara untuk melihat langsung kondisi yang dirasakan warganya. "insya Allah, Saya akan mengunjungi seluruh desa dipedalaman Kabupaten Paluta, guna untuk melihat langsung kondisi disana," terangnya. 

Sekitar pukul 16.30, bupati Paluta beserta rombongan meninggalkan desa setelah meninjau langsung kondisi bangunan gedung sekolah SMPN 2 Dolok yang roboh. (a35/C)