Mengenalkan Kulineran Khas Banjar Lewat Pameran Dan Lomba

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Kulineran khas Etnis Banjar, diperkenalkan lewat kegiatan pameran budaya digelar bersamaan kegiatan Pelantikan Pengurus Himpunan Bibinian Banjar Indonesia (H-BIBI), Sumatera Utara periode 2021-2026 dilantik pada Sabtu (9/10) di Lantai 5 Gedung BPSDM Jl.Ngalengko Medan.

Ketua Umum,H-BIBI, Dr Hj Haudatus Shafa Mohd Kasim, MPd menyebutkan, budaya masak memasak di lingkungan keluarga Banjar hingga kini masih sangat kental. Tidak heran, jika berkunjung ke rumah etnis Banjar, ragam makanan akan disediakan.

Bahan baku masakan-pun tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mahal. “Hanya butuh kemauan untuk mengolahnya. Telebih masakan khas Banjar, ditandai dengan banyaknya rempah-rempah,”ujar Dr Hj Raudatus Shafa.

Ditambahkannya, masyarakat Banjar gemar memasak makanan dipengaruhi budaya Banjar dimana kaum perempuan itu adalah sosok yang produktif.

Sehingga, dalam mengolah makanan bisa mengandalkan hasil sungai seperti ikan dan mengolah sayur mayur dari tanaman sendiri.

“Maka, sembari kami melaksanakan Pelantikan Pengurus Himpunan Bibinian Banjar Indonesia (H-BIBI), Sumatera Utara periode 2021-2026 kami pun menggelar lomba dan pameran kuliner dan budaya.

Dijelaskannya, aneka kuliner yang dilombakan antaranya, ada menu Ampal putih. Yakni, daging ayam kampung dimasak dengan santan dengan bumbu rempah tanpa kunyit, tetapi menggunakan  kelapa setengah tua yang di giling ditambah pati santan dan asam cuka.

Ada ikan badau gangan haruan dalam olahanya bisa dicampur ragam sayuran. Ada juga tumis kastilak bahan baku pepaya muda, polos atau dengan beragam campuran seperti jeroan ayam.

Pembina H-BIBI, H.Hidayatullah,SE,berharap dengan pengenalan kuliner khas Banjar ini menambah khazanah aneka masakan daerah di Sumatera Utara, sehingga tidak akan tergeser oleh zaman.

Bahkan Dewan Pembina, Prof.Syahrin Harahap mengakui lezatnya masakan khas Banjar, terutama olahan ikan badau yang rasanya tiada tara.

“Saya suka olahan ikan badau ala Banjar ini,”sebutnya disela penilaian oleh dewan juri.

Hasil penilaian dewan juri mengumkan peserta lomba yang berhasil juara yakni, Juara 1 Kabupaten Langkat.Juara 2 Kabupaten Serdangbedagai dan Juara 3 diraih Tebingtinggi.(m22)

Waspada/Anum Saskia
Para juara lomba berpoto bersama Ketua Umum,Dr.Hj.Raudatus Shafa Mohd Kasim,MPd dan Dewan Penasehat H.BIBI Sumut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *