Manisan Kolang Kaling Khas Dapoer Nacado's

Manisan Kolang Kaling Khas Dapoer Nacado’s

  • Bagikan
MANISAN Kolang Kaling Khas Dapoer Nacado's. Di bulan Ramadhan jelang Idul Fitri 1441 H ini, ia sudah menerima pesanan hingga 100 kg. Waspada/Ist
MANISAN Kolang Kaling Khas Dapoer Nacado's. Di bulan Ramadhan jelang Idul Fitri 1441 H ini, ia sudah menerima pesanan hingga 100 kg. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Manisan kolang kaling selalu meramaikan aneka makanan di Hari Raya. Namun ada yang berbeda dengan Manisan Kolang Kaling Khas Dapoer Nacado’s.

Citarasa manisan kolang kaling khas Dapoer Nacado’s itulah yang membuat sang owner menjadikan sajian ini sebagai lahan bisnis.

Tidak tanggung, di bulan Ramadhan jelang Idul Fitri 1441 H ini, ia sudah menerima pesanan hingga 100 kg.
Umumnya pembeli memesan sistem online di WA: 0819-0505-6919.

“Ya, saya sudah terima pesanan manisan untuk Idul Fitri sejak sepekan Ramadhan hingga sekarang,” kata Noni, di Medan, Selasa (12/5).

Noni diketahui sebagai anggota Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI) Sumatera Utara diketuai Hj Revita Lubis dan Ketua UKM, Novit.

Noni menyebutkan, manisan kolang kaling buatannya menggunakan gula asli, sehingga cita rasa dan tidak mengalami perubahan rasa.

“Makanya bahan baku juga dipilih tekstur yang sangat bagus. Saat proses pembuatan juga butuh waktu 5 sampai 6 hari.

Pemanasan dilakukan beberapa kali. Tujuanya agar gula menyatu pada kolang-kalingnya,” ujar Noni, yangmengaku serius mengelola usaha ini selama 6 tahun.

Sebelumnya hanya membuat manisan untuk konsumsi keluarga saat Hari Raya Idul Futri maupun Hari Raya Idul Adha.

“Banyak yang minta dibuatkan. Akhirnya saya mencoba untuk lebih tekun hingga jadi bisnis. Alhamdulillah, makin banyak pesanan dan saya memberi label sendiri sebagai usaha yang akan dikembangkan.

Makanya, saya mendisain kemasan, menambah warna pada manisan dengan memperhatikan nilai kesehatan. Intinya saya senang mengelolq usaha ini,” paparnya.

Bermanfaat

Ternyata, kolang kaling juga dipercaya memiliki kandungan kalsium.

Adalah Ahli Gizi Hindah Muaris lulusan Teknologi Pangan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kerap menjadi konsultan di berbagai industri makanan dan minuman itu.

Dia mengungkapkan kolang-kaling dipercaya memiliki kadar air sangat tinggi.

Yakni, hingga 93,8 persen dalam setiap 100 gram buah.

Kolang-kaling juga terbukti memiliki kandungan kalsium yang tergolong tinggi, yakni mencapai 91 miligram pada buah kolang-kaling.

Nah, jika tidak ada waktu membuat manisan sendiri, tak ada salahnya memesan manisan yang satu ini. Oleh Noni perkilonya dijual seharga 75 ribu per kilo dalam kemasan pack. (m22)

  • Bagikan