Holat Balakka Sitolutolu Sedikit Kelat Gugah Selera

Holat Balakka Sitolutolu Sedikit Kelat Gugah Selera

  • Bagikan

MEDAN(Waspada): Kota Medan, memiliki berbagai tempat kulineran khas daerah. Satu antaranya, Kedai nasi kampung balakka sitolutolu di Jl.Panglima Denai No.129 Medan.

Bertandang ke tempat ini,Selasa(24/8) Waspada bertemu dengan owner Nasrun Efendi Harahap yang menceritakan mengapa menu holat ini tetap digemari walaupun rasanya sedikit kelat tapi mampu gugah selera.

Bahkan, kata dia, pengidap asam lambung yang kerap konsumsi kuah holat ini, bisa sehat kembali. “Itu cerita tetangga yang kerap makan holat di sini,” kata Harahap.

Menurutnya, holat khas Tapanuli Selatan buatanya, sangat digemari berbagai kalangan. Bahkan, teman sekampung halaman asal Tapsel sekitarnya yang berdomisili di Medan dan rindu menikmati aneka masakan kampung halaman, akan mampir ke kedainya.

Apalagi, menu yang disiapkan sangat bervariasi. Antaranya, gulai dan rendang ayam kampung, arsik, sup, ikan sale, sambal tuktuk dan juga daun ubi tumbuk.


Yang membuat senang pengunjung, beragam menu yang ditawarkan harganya sangat terjangkau. Untuk makan berdua dengan menu holat ikan nila bersama sayur daun ubi tumbuk dan aneka sambal pilihan, hanya dibandrol 80 ribu saja.

“Ia. Saya hanya menghitung nasi dan lauknya. Kalau sayur dan sambal pelengkap tidak dihitung. Banyak yang kaget karena harga yang standar tapi cita rasa disebutkan pengunjung enak dan enak sekali,”kata Harahap.

Kembali pada cerita holat tadi.

Apa sebenarnya yang membuat holat ini berasa-rasa kelat tapi bisa menggugah selera?
Ternyata, cita rasa kelat atau sepat pada kuahnya karena dicampur serutan kayu balakka dan pucuk rotan muda dan sebelumnya ada beras yang disangrai dan dihaluskan, sehingga kuah holat ini terlihat sedikit kental.

Nah, holat ini disajikan dengan ikan yang sudah dibakar dengan sangat matang menggunakan arang.

Ada ikan nila dan ikan mas. Ikan inipun dipilih secara khusus dan ikan danau, bukan ikan ternakan di kolam, sehingga rasa ikan sangat gurih.


Jika Anda ingin menikmati aneka menu masakan khas,Tapsel maupun Palas,Paluta dan Madina tetapi masih enggan keluar rumah, pesan saja melalui nomor HP: 081260831697.(m22)

Waspada/Anum Saskia
Holat ikan nila.

  • Bagikan