Waspada
Waspada » 8 Langkah Untuk Makan Enak Dan Sehat Di Tengah Pandemi Corona
Kesehatan Kuliner

8 Langkah Untuk Makan Enak Dan Sehat Di Tengah Pandemi Corona

Waspada –  Awal tahun merupakan momentum yang tepat untuk memulai kebiasaan baru, termasuk makan enak dan sehat.

Anda bisa menerapkan sejumlah cara makan enak dan sehat di masa pandemi Covid-19 pada tahun 2021 ini.

Makan enak dan sehat dapat meningkatkan imunitas, kesehatan fisik dan mental, juga kualitas hidup.

Berikut cara makan enak dan sehat di masa pandemi Covid-19.

1. Dengarkan kata hati

Coba dengarkan kata hati Anda sebelum makan, saat makan dan setelah makan.

Jika makanan tersebut membuat Anda senang, konsumsi makanan itu secukupnya. Perhatikan juga efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Jika makanan itu ternyata membuat ngantuk, sakit perut, lelah, sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut di lain waktu.

2. Pilih makanan yang meningkatkan imunitas

Di masa pandemi Covid-19 ini, penting untuk memilih makanan yang bernutrisi tinggi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Makanan yang meningkatkan imunitas ini dapat menjaga tubuh dari berbagai serangan virus dan penyakit.

Buah-buahan, sayuran, ikan berlemak sehat, kerang dapat menjadi pilihan untuk variasi makanan sehat dan pelengkap vitamin serta nutrisi.

3. Makanan beku

Ahli nutrisi dan kontributor CNN, Lisa Drayer, menyarankan untuk banyak memasok makanan beku yang bernutrisi tinggi.

Bukan sosis, nugget, atau bakso, tapi makanan beku seperti buah beku, sayuran beku, tuna kaleng, atau sarden kalengan.

Memasok makanan beku ini dapat mengurangi intensitas untuk keluar rumah atau ke pasar yang sangat berisiko saat ini.

4. Coba resep baru

Pandemi virus corona memberi kesempatan untuk banyak berada di rumah.

Cobalah untuk berkreasi dengan resep-resep baru. Anda bisa mencoba resep di media sosial ataupun situs internet.

5. Konsumsi lebih banyak makanan dari tumbuhan

Makanlah banyak makanan yang berasal dari tumbuhan. Pasalnya, 80 persen penyakit kronis dapat dicegah dengan makan lebih banyak makanan dari tumbuhan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, jamur, gandum dan sebagainya.

6. Pilih snack kaya protein dan serat

Makan enak dan sehat bukan berarti tanpa camilan. Pilihlah snack yang kaya akan serat dan protein. Camilan ini membantu tubuh tetap kenyang di sela-sela jam makan.

7. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air setiap harinya. Konsumsi 2,5 liter air setiap hari untuk mencegah dehidrasi.

Dehidrasi dapat membuat anak hilang fokus, stres, dan mengganggu metabolisme serta organ tubuh.

8. Ajak anggota keluarga

Ajak anak, suami, istri, adik, kakak atau seluruh anggota keluarga Anda untuk mulai makan sehat pada 2021.

Kegiatan ini akan akan lebih mudah dan menyenangkan jika seluruh anggota keluarga terlibat. Selamat mencoba. (bs/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2