Krueng Langsa Meluap Genangi Tiga Gampong

LANGSA (Waspada): Akibat curah hujan tinggi, Krueng (sungai) Langsa meluap dan menggenangi pemukiman warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Langsa Gampong Jawa Belakang, Gampong Seulalah dan Pondok Kemuning, Kota Langsa, Jumat (8/11).

Krueng Langsa Meluap Genangi Tiga Gampong
LUAPAN krueng Langsa yang merendam pemukiman warga di Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Langsa, Jumat (8/11). Waspada/dede

Informasi yang Waspada himpun, meluapnya krueng Langsa terjadi akibat curah hujan yang tinggi sejak sepekan terakhir. Apalagi sejak, Kamis (7/11) malam Kota Langsa diguyur hujan hingga Jumat (8/11) pagi. 

Dampak tingginya curah hujan tersebut mengakibatkan debit air Krueng Langsa meluap dan menggenangi pemukiman warga yang mulai terjadi sekira pukul 12:00 di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), seperti di Gampong Jawa Belakang, Gampong Seulalah dan Pondol Kemuning 

Bahkan ketinggian air telah mencapai ketinggian 20 cm hingga 50 cm dan diperkirakan debit air akan terus bertambah karena di hulu sungai sedang hujan. Sementara dua kepala keluarga (KK) atas nama Juwita dan Surya yang berada di Desa Pondok Kemuning Dusun Perdamaian telah mengungsi akibat rumahnya terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa, Ali Musafah, SE yang dihubungi wartawan mengatakan, saat tim BPBD Kota Langsa sedang melakukan peninjauan dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menghadapi luapan air sungai yang terjadi.

Warga diimbau untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri untuk mengevakuasi/mengungsi apabila debit air terus meningkat. "Untuk mengantisipasi penanggulangan banjir di Desa Pondok Kemuning Dusun perdamaian saat ini BPBD Langsa telah mendirikan tenda darurat di lokasi," sebutnya.

Sambung Ali Musafah, saat ini untuk mengantisipasi debit air terus meningkat pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak gampong, Basarnas, SAR untuk selalu bersiaga di lapangan.

"Suhu sekarang: 26°C terasa 29°C. Sebagian Berawan, Suhu Min: ↓22°C, Suhu Mak: ↑29°C, Kelembaban: 89 %, Titik Embun: 24°C, Tekanan: 1.013 mbar, Indeks UV: 2 km, Visibilitas: 11 Km, Kemungkinan Hujan: 80% Sore Hari Kecepatan Angin: 5 km/jam, Ringan dari Tenggara," demikian Ali Musafah. (m43)