Krueng Langsa Kembali Meluap, Ketinggian Air 1,5 Meter

LANGSA (Waspada): Diguyur hujan semalam, beberapa gampong di Daerah Aliran Sungai (DAS ) dalam wilayah Kota Langsa kembali terendam banjir kiriman mencapai 50 hingga 150 cm (1,5 meter) akibat meluapnya Krueng (sungai) Langsa, Selasa (12/11) pagi.

Krueng Langsa Kembali Meluap, Ketinggian Air 1,5 Meter
Waspada/dede Wilayah Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama yang terendam banjir kiriman dari Krueng Langsa, Selasa (12/11).

Informasi Waspada himpun, meluapnya Krueng Langsa terjadi akibat curah hujan yang tinggi, Senin (11/11) malam mulai pukul 18:00 hingga pukul 22:00 dan di hulu sungai.

Dampak tingginya curah hujan tersebut mengakibatkan debit air Krueng Langsa kembali meluap dan menggenangi pemukiman warga yang mulai terimbas banjir kiriman, Selasa (12/11) mulai pukul 24:00.

Sementara air terus mengalami kenaikan hingga pukul 07:00 yang merendam sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS), seperti di Gampong Jawa Belakang, Pondok Pabrik dan yang terparah daerah gampong Pondok Kemuning dan Gampong Seulalah

Bahkan ketinggian air telah mencapai ketinggian 50 cm hingga 150 cm dan diperkirakan debit air akan terus bertambah karena di hulu sungai sedang hujan. 

Sementara puluhan kepala keluarga (KK) yang rumahnya berdekatan dengan DAS Krueng Langsa sudah mengungsi akibat rumahnya terendam banjir.

Sementara menyikapi air yang terus meninggi aparat TNI dari Kodim 0104 Aceh Timur melakukan evakuasi warga di DAS Krueng Langsa karena air sudah mencapai 150 cm. Selain itu warga sekitar DAS juga sudah melakukan evakasi barang-barang elektroniknya ke daerah yang lebih tinggi.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pihak BPBD BPBD, SAR, Basarnas Kota Langsa terkait jumlah wilayah dan berapa banyak rumah warga yang terendam.  (m43)