Koordinasi Lemah, Waduk Tiro Terancam Gagal

SIGLI (Waspada): Pembangunan Waduk Tiro, terancam gagal disebabkan lemahnya koordinasi, antara Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Provinsi Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Pidie.

Koordinasi Lemah, Waduk Tiro Terancam Gagal
PANORAMA alam Gampong (desa) Blang Rikui, Kemukiman Blang Keudah, Kecamatan Tiro/Truseb terlihat begitu indah. Gampong Ini terancam ditenggelamkan apabila Waduk Tiro dibangun. Rabu (10/7). Waspada/Muhammad Riza

“Dari pantauan kami. Menagapa proyek Waduk Tiro, ini terancam gagal. Itu karena lemahnya koordinasi,antara Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Provinsi Aceh dengan Pemkab Pidie dan masyarakat setempat” kata Ketua Komisi C, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie, Isa Alima. Rabu (10/7). Tanggapan ini disampaikan politisi Partai Gerindra, ini menyusul pemberitaan di Harian Waspada.

Menurut Isa, selama ini pihak Balai Wilayah Sumatera I, Provinsi Aceh yang berkantor di Kota Banda Aceh, dinilainya dalam melakukan kegiatan seperti survei dan kegiatan lainnya sangat kurang melibatkan unsur-unsur terkait dalam jajaran Pemkab Pidie, semisal anggota dewan, Bappeda, alim ulama, tokoh adat dan tokoh-tokoh masyarakat.

Selain itu Balai Wilayah Sungai Sumatera I, juga dinilai sangat tertutup, terutama dalam memberikan informasi terkait pembangunan Waduk Tiro, tersebut. “Saya saja yang ketua Komisi C, komisi yang berkaitan dengan pembangunan itu tidak tahu secara detil sejauh mana sudah perkembangan pembangunan Waduk tersebut. Tiba-tiba saja keluar di media, pembangunan Waduk Tiro terancam gagal. Saya yang membacakan berita itu jadi terkejut. Ada apa ini lagi di Pidie” katanya. (b10)