Vaksinasi Jalan Terus, Prokes Jangan Kendur - Waspada

Vaksinasi Jalan Terus, Prokes Jangan Kendur

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Vaksinasi dosis lengkap mampu mencegah keparahan gejala pada pasien Covid-19. Dengan demikian, potensi kematian akibat Covid-19 pun juga dapat diturunkan.
Namun demikian, vaksin tetap tidak bisa mencegah terjadinya kenaikan kasus jika tidak dibarengi dengan penerapan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Karena itu, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, upaya vaksinasi Covid-19 secara masiv  yang terus ditingkatkan, harus berjalan bersamaan dengan penguatan protokol kesehatan berupa pemakaian masker medis dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Saat ini, di sejumlah negara seperti Wiku mengatakan, Austria, Belanda, Belgia, dan Jerman tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Tiga diantara negara-negara Eropa itu telah memberlakukan pengetatan kegiatan masyarakat atau lockdown. Hanya Belgia yang tidak menerapkan lockdown tapi mewajibkan masker.

Meskipun kasus melonjak tajam di empat negara tersebut, namun  tidak sampai menyebabkan terjadinya lonjakan pasien ICU dan lonjakan kematian. Hal ini disebabkan karena cakupan vaksinasi dosis lengkap di empat negara ini sudah cukup tinggi.

Berkaca dari kondisi negara-negara tersebut, maka penting bagi Indonesia untuk terus menggalakkan vaksinasi dan penggunaan masker.

Sampai Kamis (25/11), data yang dilansir Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebutkan sudah 136.713.147 orang yang menjalani vaksinasi covid-19 untuk dosis pertama. Dosis kedua sebanyak 92.274.562 orang. Sedangkan vaksinasi ketiga sudah diberikan kepada 1.218.303 orang.

Adapun target sasaran vaksinasi mencapai 208.265.720 orang  dari sekira 270 juta jiwa polulasi penduduk Indonesia. (J02)

  • Bagikan