Waspada
Waspada » Tanoto Foundation Donasi 500 Ton Oksigen Untuk Tangani Covid-19 Di Indonesia
Kesehatan

Tanoto Foundation Donasi 500 Ton Oksigen Untuk Tangani Covid-19 Di Indonesia

Direktur Komunikasi Tanoto Foundation, Haviez Gautama menyerahkan secara simbolis 500 ton oksigen dari Tanoto untuk Indonesia kepada perwakilan Kementerian Kesehatan, Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Sumarjaya dan Sekretariat Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Lilik Kurniawan, Minggu (11/7).

JAKARTA (Waspada): Tanoto Foundation, Minggu,(11/7) menyerahkan donasi 500 ton oksigen untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Komunikasi Tanoto Foundation, Haviez Gautama kepada perwakilan Kementerian Kesehatan, Plt Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Sumarjaya dan Sekretariat Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Lilik Kurniawan.

“Di tengah kondisi melonjaknya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, kita melihat ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di rumah sakit sangatlah penting. Kami mendapat arahan langsung dan mandat dari keluarga Tanoto, yang terpanggil untuk tanggap dan bergerak dengan cepat membantu memasok oksigen bagi rumah sakit yang membutuhkan, bekerja sama dengan mitra perusahaan kami PT RAPP. Kami berharap pasokan oxygen ini akan membantu proses penyembuhan banyak pasien,”ujar Haviez Gautama

Mitra perusahaan Tanoto Foundation, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Riau, mengalihkan sebagian fasilitas oxygen plant yang digunakan untuk proses pulp bleaching untuk memproduksi oksigen medis. Sebanyak 500 ton oksigen dikirim ke Pulau Jawa secara bertahap. Pengiriman dimulai dari lokasi PT RAPP di Pangkalan Kerinci pada Jumat, 9 Juli 2021 dan tiba di Jakarta pada Minggu, 11 Juli 2021.

Sumarjaya menyampaikan penghargaan kepada Tanoto Foundation atas kepedulian terhadap langkanya pasokan oksigen saat ini.

“Kami akan segera mendistribusikan di pulau Jawa dan Bali, untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit yang membutuhkan. Bantuan ini sangat penting untuk mengurangi kematian bagi pasien yang sedang dirawat dirumah sakit,”ujar Sumarjaya.

Apresiasi juga disampaikan Sekretariat Utama BNPB, Lilik Kurniawan. Kecepatan Tanoto Foundation menanggapi kurangnya pasokan oksigen saat ini sangat berharga.

“Bantuan ini sangat dibutuhkan disaat lonjakan pasien Covid-19. Respon cepat Tanoto Foundation sangat meringankan kami dalam memenuhi pasokan oksigen yang semakin langka. Oksigen ini akan segera kami distribusikan ke rumah sakit di Pulau Jawa dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan,” imbuh Lilik.

Bantuan oksigen tahap pertama dikirimkan ke DKI Jakarta sebanyak 46 ton, Provinsi Jawa Barat dan DI Yogjakarta sebanyak 6 ton.

Tanoto Foundation berharap agar situasi di Indonesia dapat segera membaik dan bersama seluruh negeri akan senantiasa berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19.

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Tanoto Foundation memulai kegiatannya pada 1981, saat saat Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto membangun Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatra Utara. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2