Waspada
Waspada » Selalu Ada Di Dapur, Obati Sariawan Dengan 5 Bahan Alami Ini
Kesehatan

Selalu Ada Di Dapur, Obati Sariawan Dengan 5 Bahan Alami Ini

Waspada – Sariawan sangat mengganggu kenyamanan. Penyakit ini cukup sering dan umum dialami orang dan biasanya muncul di sekitar bibir, gusi serta lidah.

Saat sariawan melanda, banyak orang langsung mencari obat sariawan di apotek atau farmasi. Obat sariawan biasanya ada yang berbentuk tetes, oles atau kumur.

Sebelum mengonsumi obat produksi pabrik untuk menyembuhkan sariawan, ada baiknya jika mencoba terlebih dahulu obat sariawan yang alami. Obat sariawan ini mudah ditemukan dan mungkin sudah ada di dapur kamu.

Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini bahan-bahan alami yang bisa dipakai sebagai obat sariawan:

1. Garam

Sama seperti orang sakit gigi, Anda dapat menggunakan air garam untuk berkumur dan mengatasi sariawan. Garam yang mempunyai kandungan sodium di dalamnya yang bermanfaat untuk membantu menekan bakteri yang menyebabkan sariawan.

2. Bawang putih

Gunakan bawang putih diiris dan oleskan ke bagian sariawan. Sifat antiseptik yang terdapat didalam bawang putih dapat berguna untuk melawan bakteri sariawan.

3. Minyak kelapa dan madu

Anda juga dapat mencampur minyak kelapa dan madu untuk dioleskan di bagian sariawan. Minyak kelapa dikenal memiliki kandungan antibakterial yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan.

4. Yoghurt

Anda dapat mengkonsumsi yoghurt untuk membantu penyembuhan sariawan. Yoghurt merupakan minuman yang dapat mengatur keseimbangan bakteri baik dalam mulut dan tubuh.

5. Kunyit

Pasta kunyit yang terbuat dari kunyit halus dan air hangat bisa dijadikan cara alami mengatasi sariawan. Oleskan pasta kunyit ke bagian yang terkena sariawan. Kunyit sebagai bumbu dapur memiliki kandungan antibakterial dan antiinflamasi.

Bahan-bahan tersebut bisa jadi alternatif obat sariawan. Tapi apabila keluhan tak juga membaik atau bahkan bertambah parah, bisa jadi ada gangguan kesehatan dalam tubuh yang lebih serius. Segera hubungi dokter untuk mendapat pemeriksaan medis lebih lanjut. (times of india/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2