Puasa Saat Pandemi, Perlu Gizi Seimbang dan Suplemen Kesehatan - Waspada

Puasa Saat Pandemi, Perlu Gizi Seimbang dan Suplemen Kesehatan

  • Bagikan
Pembagian masker dan suplemen vitamin selama puasa di Kota Cirebon.

JAKARTA (Waspada): Menjalankan ibadah Ramadhan di tengah pandemi, tentu saja membuat masyarakat harus senantiasa menjaga pola makan saat sahur dan berbuka. Selain gizi seimbang, perlu juga ditambah vitamin dan suplemen gizi yang membuat tubuh lebih fit selama menjalankan ibadah.

“Sediakan menu berbuka lebih baik dari pada menu makan biasanya. Karena kita hanya makan dua kali sehari—sahur dan saat buka puasa—jaga konsumsi makan kita dengan gizi seimbang ditambah dengan vitamin dan suplemen yang memang dibutuhkan terutama di saat masa pandemi ini,” ujar dr Susanti, dalam wawancara khusus siaran podcast Kratingdaeng RedBull di Jakarta, Jumat (16/4).

Untuk memeroleh konsumsi yang baik pola makan harus sehat. Artinya makan harus bervariasi mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Pola makan sehat sehat tidak selalau mahal. Sayur bayam, tempe atau tahu dan sambal sudah memenuhi kebutuhan serat, protein dan karbohidrat. Selain pola makan yang sehat, juga tetap berolah raga untuk menjaga imunitas dengan intensitas ringan dan sedang.

“Intensitas ringan saat olahraga masih bisa bicara dan bahkan bernyanyi kecil. Sedangkan olahraga intensitas sedang biasanya kita masih bisa berkomunikasi dengan teman olahraga, namun tidak bisa menyanyi-nyanyi. Selain dua hal tadi, pastikan kita istirahat cukup, karena saat puasa kan biasanya kita kurang tidur. Jadi perhatikan juga istirahat kita,” ujar Susanti.

Lantas bagaimana mengetahui suplemen yang aman? Susanti minta agar masyarakat memastikan produk tersebut terdaftar secara resmi di BPOM atau juga SNI. BPOM adalah Lembaga pemerintah yang menyatakan sebuah produk aman dikonsumsi.

“Selain aman, pastikan mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan karena ambang batas dan juga ketahanan seseorang dengan orang lainnya terhadap suplelemen cair ini tidak sama,” katanya.

Selalu lihat aturan konsumsinya dan jadilah masyarakat yang cermat dan cerdas ketika memilih suplemen cair atau suplemen-suplemen lainnya. Menjadi cerdas dan cermat adalah kunci seseorang bisa menjalankan gaya hidup sehat dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Sekali lagi ditekankan oleh dr. Susanti agar masyarakat menjaga pola makan sehat dan juga menjaga asupan cairan, karena saat puasa, seseorang cenderung dehidrasi kekurangan cairan. Suplemen ini bisa dikonsumsi saat setelah sahur dan setelah berbuka puasa.

Agus Wijaya, Marketing Manager Kratingdaeng RedBull  pada acara ngabuburit di kompleks Masjid Agung Cirebon Bersama masyarakat setempat, Rabu (14/4) mengatakan
saat menjalankan puasa sekarang ini sangatlah perlu memperhatikan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan, olahraga dan istirahat cukup. Kalaupun perlu suplemen untuk menambah energi agar tetap beraktivitas dangan penuh, pilihlah suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing.

“Untuk menambah energi pada saat puasa, Kratingdaeng RedBull bisa menjadi suplemen yang ikut membantuh meningkatkan stamina sekaligus menambah energi. Dan minuman ini aman dikonsumsi serta mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh saat puasa,” ujar Agus.

Kratingdaeng RedBull adalah suplemen kesehatan di kategori minuman berenergi mengandung Vitamin B Kompleks, Kafein, dan Taurin yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kesegaran tubuh selama beraktivitas sepanjang hari. Kratingdaeng Red Bull merupakan Suplemen Kesehatan yang aman dikonsumsi setiap hari karena sudah terdaftar di BADAN POM dan juga mendapat sertifikasi halal dari MUI.(J02)

 

 

  • Bagikan