Waspada
Waspada » Kini Ada Ambulan Udara Dengan Harga Terjangkau, Ini Kelebihannya
Kesehatan

Kini Ada Ambulan Udara Dengan Harga Terjangkau, Ini Kelebihannya

Salah satu helikopter yang siap jadi armada ambulan udara kerja sama RS Medistra dan Whitesky Aviation saat peluncuran progran di Cengkareng Heli Pad, kemarin.

JAKARTA (Waspada): Hiruk pikuk kota besar dengan kemacetannya terkadang mempersulit perjalanan ambulan darat. Bunyi sirene terkadang diabaikan dan pasien kemungkinan besar terlambat sampai di RS yang dituju dan telat ditangani.

Langkah berani diambil salah satu RS swasta di Jakarta, Medistra. Konsep medical evacuation (medevac) dengan menggunakan moda transportasi udara, helikopter, jadi solusi.

Naik helikopter ke Rumah Sakit, pasti terbayang biaya yang harus dikeluarkan mencapai belasan atau puluhan juta per jam nya.

“Heli medevac ini biayanya relatif terjangkau. Dengan kisaran 6 sampai 7 juta rupiah, pasien sudah bisa mendapat layanan ambulan udara ini,” ujar Direktur RS Medistra, Dini Handayani, usai menyaksikan penandatanganan naskah kerja sama (MoU) dengan Whitesky Aviation di Cengkareng Heliport Jakarta, Rabu (19/8/20). Hadir dalam kesempatan itu, CEO Whitesky Aviation, Denon B Prawiraatmadja.

Layanan ambulans udara yang dikembangkan RS Medistra bersama Whitesky Aviation ini
akan bekerja sama dengan sedikirnya 170 titik pendaratan helikopter di Jakarta dan sekitarnya. Artinya, begitu pasien menelpon layanan, maka akan langsung diketahui dimana helikopter mendarat dan paling dekat dengan rumah pasien.

Begitupun ketika menuju RS Medistra, maka helikopter akan mendarat di titik pendaratan yang terdekat dari RS Medistra yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Ditanya apakah layanan ini berlaku 24 jam? Dini mengatakan, sementara waktu ini peraturan di Jakarta tidak memungkinkan untuk terbang di malam hari. Karena itu, layanan terbatas sampai pukul 6 sore.

“Kebijakan itu disebabkan masih belum banyak sarana pendaratan helikopter di gedung-gedung di Jakarta. Misalnya belum tersedianya lampu pendaratan di malam hari. Pihak RS Medistra sendiri masih berupaya untuk membuat landasan helikopter sendiri. Jadi sementara masih mendarat di atas gedung terdekat dari rumah sakit,” tandasnya. (J02)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2