Waspada
Waspada » Ingin BAB Lancar Dan Plong? Ingat Untuk Konsumsi 9 Makanan Ini
Kesehatan

Ingin BAB Lancar Dan Plong? Ingat Untuk Konsumsi 9 Makanan Ini

Waspada – Sembelit adalah keluhan yang dialami beberapa orang dan sering terjadi akibat pola makan dan gaya hidup.

Makan makanan pelancar BAB dapat membantu memperlancar buang air besar. Sembelit sering diartikan kesulitan buang air besar.

Orang yang mengalami sembelit mungkin memiliki:

-tinja keras, kering, atau menggumpal

-tinja yang terlihat seperti batu kecil atau kelereng

-rasa sakit dan ketidaknyamanan saat buang air besar

-kehilangan nafsu makan karena rasa kenyang yang terus-menerus

perut yang agak bengkak

Seseorang mungkin juga melihat garis-garis kecil darah merah cerah di tinja atau di kertas toilet setelah menyeka.

Kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda, tetapi orang yang mengalami sembelit biasanya buang air besar kurang dari tiga kali per minggu.

Risiko sembelit meningkat seiring bertambahnya usia. Sekitar 33 dari setiap 100 orang dewasa di atas usia 60 di Amerika Serikat mengalami gejala sembelit.

Berikut Makanan Pelancar BAB yang bikin plong dilansir Medical News Today:

1. Yoghurt dan Kefir

Banyak produk susu, termasuk yoghurt dan kefir, mengandung mikroorganisme yang disebut probiotik.

Probiotik sering disebut bakteri baik, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan kotoran.

Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti menyelidiki penggunaan yoghurt probiotik tanpa rasa yang mengandung polydextrose, Lactobacillus acidophilus, dan Bifidobacterium lactis untuk mengobati sembelit.

Para peneliti menemukan bahwa makan 180 ml yogurt probiotik setiap pagi selama 2 minggu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk buang air besar pada orang dengan sembelit kronis.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah nutrisi yang membantu pencernaan dan mengurangi sembelit. Contohnya buncis, lentil, buncis, dan kacang polong.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa 100 gram kacang-kacangan yang dimasak menyediakan sekitar 26 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

100 Gram porsi kacang-kacangan juga mengandung sejumlah besar nutrisi lain yang membantu meringankan sembelit, seperti kalium, folat, seng, dan vitamin B6.

3. Sup Bening

Sup bening bergizi dan mudah dicerna. Mereka juga menambah kelembapan pada tinja yang keras dan padat, yang dapat melembutkannya, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Cairan dan makanan hangat juga umumnya lebih mudah dicerna.

4. Prune

Prune adalah plum kering yang dikenal sebagai pengobatan rumahan yang telah teruji untuk mengatasi sembelit.

Prune mengandung banyak serat, nutrisi yang dikenal dapat melancarkan dan mempercepat buang air besar.

Prune juga mengandung sorbitol dan senyawa fenolik yang mungkin memiliki manfaat pencernaan.

Sebuah tinjauan tahun 2014 menyimpulkan bahwa makan buah plum dapat meningkatkan frekuensi buang air besar dan meningkatkan konsistensi tinja pada orang dengan sembelit.

5.Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan melancarkan pencernaan.

Sulforaphane juga dapat membantu mencegah pertumbuhan berlebih beberapa mikroorganisme usus yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat.

Brokoli dapat diberikan pada bayi berusia 6 bulan, yang sudah dapat makanan pendamping ASI (MPASI).

6.Apel dan pir

Apel dan pir mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan pencernaan, termasuk serat, sorbitol, dan fruktosa.

Buah-buahan ini juga mengandung air yang tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari apel dan pir, makan utuh dengan kulit.

7. Anggur

Anggur memiliki rasio kulit-daging yang tinggi, yang berarti kaya akan serat, dan juga mengandung banyak air.

Untuk meredakan sembelit, cobalah makan beberapa genggam anggur yang sudah dicuci.

8. Kiwi

Rata-rata, 100 g kiwi mengandung sekitar 2-3 gram serat, yang dapat mempercepat aliran usus.

Buah kiwi juga mengandung aktinidin, enzim yang mendorong pergerakan di saluran pencernaan bagian atas, dan beberapa fitokimia yang mungkin berperan dalam meningkatkan pencernaan.

9. Blackberry dan Raspberry

Blackberry dan raspberry adalah makanan pelancar BAB. Keduanya kaya akan serat dan air, yang keduanya dapat meredakan sembelit.

Cobalah makan satu atau dua genggam blackberry atau raspberry yang sudah dicuci. Konsumsilah setiap hari. (medical news today/m11)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2