Dipelopori PERABOI, Penyintas Kanker Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19 - Waspada

Dipelopori PERABOI, Penyintas Kanker Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan
Suasana vaksinasi Covid-19 bagi pasien dan penyintas kanker serta masyarakat umum. (Foto: ist)

JAKARTA (Waspada): Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia (PERABOI) bekerja sama dengan Komando Distrik Militer 0510/Tigaraksa Kodam Jaya Kabupaten Tangerang berhasil menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 bagi pasien kanker dan masyarakat umum, Minggu (8/8).

Berlokasi di The Springs Club Summarecon Serpong Tangerang Selatan, kegiatan vaksinasi massal pertama di Indonesia yang menyasar khusus pasien kanker ini mendapat apresiasi Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar. Dalam sambutan pada acara jumpa media secara daring, Linda menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada PERABOI karena telah mendorong penyintas kanker divaksinasi Covid-19.

“Kami juga mengapresiasi upaya sungguh-sungguh dari para penyintas yang menggunakan kesempatan sebaik-baiknya dalam kegiatan ini. Termasuk dapat langsung berkomunikasi dengan Dokter ahli Bedah Onkologi yang dapat menjelaskan bila ada keraguan terhadap vaksinasi bagi pasien kanker,” ujar Linda, dalam jumpa media, Minggu (8/8).

Ketua Pengurus Pusat PERABOI, Walta Gautama, menyatakan bahwa pasien kanker adalah kelompok yang berisiko mengalami gejala berat dan kematian jika terinfeksi COVID19. Walta menyampaikan bahwa data dari 3 rumah sakit besar di Indonesia (RS Kanker Dharmais, RS Hasan Sadikin Bandung dan RS Sanglah Bali) menunjukkan bahwa angka kematian pasien kanker dengan Covif-19 berkisar antara 20-23 persen dengan angka kesakitan dan kematian terbesar pada pasien kanker payudara.

“Itu sebabnya kami memilih menyelenggarakan Bakti Sosial berupa vaksinasi massal bagi pasien kanker,” jelas dokter yang bekerja di RS Dharmais tersebut.

Sasaran kegiatan ini adalah pasien kanker dan keluarganya yang tinggal di Jakarta, Tangerang dan sekitarnya.

The Springs Club dipilih karena ruangannya yang luas serta pendaftaran dilakukan sebelum acara secara online untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Ketua Panitia Pelaksana Abdul Rachman mengatakan, antusiasme pasien dan penyintas kanker sangat besar sehingga pihaknya harus melakukan sistem buka-tutup pendaftaran online untuk menjamin ketersediaan vaksin untuk semua yang telah terdaftar.

Penapisan pasien kanker yang layak menerima vaksinasi dilakukan langsung oleh 15 dokter ahli Bedah Onkologi yang dalam kesehariannya memang berpraktik menangani pasien kanker.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Komando Distrik Militer 0510/Tigaraksa Kodam Jaya Kabupaten Tangerang. Letkol Inf Bangun Siregar SH, MIPOL.

Komandan Kodim 0510/Tigaraksa menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah menuju Indonesia Bebas COVID19.

“Kami mendukung penuh kegiatan vaksinasi ini dari sisi sarana dan prasarana, agar pasien kanker juga mendapat kesempatan memperoleh vaksinasi seperti masyarakat umum lainnya,” lanjut Siregar.

Sosialisasi acara dilakukan bekerja sama dengan komunitas suportif kanker seperti Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Cancer Information and Support Center Association (CISC), Pita Pink, Lovepink, dan Komunitas Peduli Kanker Payudara. (J02)

  • Bagikan