Waspada
Waspada » BPJS Kesehatan Harus Terus Optimalkan Layanan Berbasis Digital
Kesehatan

BPJS Kesehatan Harus Terus Optimalkan Layanan Berbasis Digital

Pengamat kesehatan, Agus Pambagio

JAKARTA (Waspada): Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengapresiasi kinerja BPJS Kesehatan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat, utamanya selama pandemi. Salah satu yang sangat signifikan adalah pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi, yang tujuannya meminimalisir antrian di layanan kesehatan.

“Saya menyoroti, BPJS Kesehatan sudah tinggal lepas landas dan siap melakukan upaya yang terus menerus pada layanan berbasis digital di era pandemi ini. Momentum ini juga harus dimanfaatkan agar masyarakat atau peserta JKN-KIS juga makin terbiasa,” ujar Agus Pambagio dalam webinar, Rabu (16/12).

Sampai 1 Desember 2020, ketersediaan layanan antrean elektronik dalam rangka memberikan kepastian waktu layanan, sudah mencapai 2.071 rumah sakit (94 persen) dan sebanyak 650 rumah sakit sudah terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, 2.082 rumah sakit (95 persen) sudah memiliki display ketersediaan tempat tidur dan rawatan yang terhubung dengan Aplicares (bisa di cek melalui website BPJS Kesehatan www.bpjs-kesehatan.go.id).

Selain itu, sudah ada 883 RS yang sudah punya display tindakan operasi yang dikembangkan oleh manajemen RS. Display tempat tidur dan tindakan operasi, secara bertahap telah diintegrasikan di Mobile JKN.

Agus mengungkapkan, upaya bersama yang dilakukan seluruh pelaku Program JKN-KIS sudah baik. Perbaikan yang berkesinambungan ini sekaligus menunjukan komitmen adanya penyesuaian iuran yang berdampak pada kualitas layanan.
Selain itu, peningkatan kualitas layanan berbasis digital juga akan memudahkan dalam hal monitoring dan evaluasi.

“Upaya peningkatan kualitas layanan setelah penyesuaian iuran sudah cukup baik. Khususnya pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi harus dioptimalkan,”sambung Agus Pambagio.

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Pelayanan Primer BPJS Kesehatan Ari Dwi Aryani mengungkapkan, sejak awal BPJS Kesehatan telah menetapkan komitmen layanan baik di fasilitas kesehatan maupun pelayanan administrasi dan informasi kepesertaan.

Khusus di lingkup Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) diantaranya menerapkan kemudahan konsultasi dokter tanpa tatap muka melalui aplikasi Mobile JKN Faskes, antrean online di 15.394 FKTP. BPJS Kesehatan juga melakukan optimalisasi pelaksanaan program promotif dan preventif dengan melakukan screening riwayat Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, senam Prolanis secara daring serta optimalisasi pemantauan terhadap pasien penyakit kronis melalui program Prolanis.

“FKTP akan diberikan insentif jika melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut,” jelas Ari,

Ari menambahkan, BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan saat ini tengah melakukan pengembangan telemedicine. Perbedaannya dengan konsultasi dokter tanpa tatap muka dalam telemedicine ada terapi dan resep yang dikeluarkan, saat ini sedang dilakukan uji coba di 5 wilayah di Indonesia.

Sementara itu, di lingkup Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan (FKRTL), peningkatan mutu pelayanan itu diejawantahkan BPJS Kesehatan dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) terutama terhadap hal-hal yang sering menjadi aduan peserta.

Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Unting Patri Wicaksono mengungkapkan, agar fasilitas kesehatan dapat memenuhi komitmen peningkatan kualitas layanan, beberapa indikator dimasukkan ke dalam perjanjian kerjasama. Diantaranya, ketersediaan display tempat tidur yang terhubung dengan Aplicares, tidak adanya aduan peserta terkait iur biaya, aduan peserta terkait diskriminasi pelayanan, serta aduan peserta terkait kuota kamar perawatan. Selain itu rumah sakit juga harus melakukan update rutin ketersediaan tempat tidur serta angka rujuk balik.

“Sampai dengan Oktober tahun 2020 secara nasional capaian kepatuhan fasilitas kesehatan terhadap perjanjian kerjasama mencapai 88,3 persen,”pungkas Unting.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2