Atasi Malnutrisi, BKKBN Gandeng Program OTIFA - Waspada

Atasi Malnutrisi, BKKBN Gandeng Program OTIFA

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengapresiasi peran serta organisasi masyarakat yang punya dedikasi tinggi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnta kesadaran akan gizi yang baik bagi keluarga.

Hal itu dikatakan Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo saat menerima audiensi para inisiator Program Outreach Therapeutical Infant Food Agency (OTIFA) di Jakarta, Senin (17/5).

OTIFA merupakan program dari Yayasan Anak-anak Tasik Sejahtera (YATS). Selama 15 tahun, yayasan ini telah membantu perbaikan berbagai Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Program OTIFA didukung dan disponsori oleh PA International Foundation, sebuah organisasi yang bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Scalling Up Nutrition (SUN).

Public Advice (PA) Board Member dan Senior Advisor OTIFA, Rio Praaning Prawira Adiningrat menjelaskan, OTIFA merupakan langkah awal untuk mengurangi kasus malnutrisi di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Para relawan OTIFA yang telah direkrut di periode pertama mencari dan mengunjungi rumah tangga dengan anak balita malnutrisi.

“OTIFA menggandeng Dinas terkait, LSM setempat, serta KlikQuick untuk menciptakan simpul kerjasama yang terintegrasi, inklusif dan efektif,”jelas Rio.

Pada kesempatan yang sama Public Advice (PA) Board Member dan Senior Advisor PA International Foundation,
Widjaja Lukito mengatakan, Program OTIFAini tidak menggantikan program kesehatan yang telah diadakan oleh pemerintahan setempat, melainkan bersifat komplementer dan melengkapi.

Untuk itu, PA International Foundation berusaha untuk membangun jembatan kerja sama antara seluruh mitra dan bertindak sebagai katalisator bagi aksi efektif ini bersama-sama. Melalui pencarian kasus aktif atau active case funding, OTIFA telah mendistribusikan makanan pendamping berupa makanan siap pakai _(Ready-to-Use Therapeutical Food)_ Plumpy Nut dan bubuk multi-mikronutrisi MixMe.

“Relawan OTIFA yang merupakan mahasiswa turun ke masyarakat untuk mencari kasus-kasus malnutrisi dan membawa makanan pendamping, dengan bantuan transportasi yang disediakan oleh KlikQuick sebagai penyedia jasa transportasi. Para kader LSM akan melakukan pengawasan terhadap status nutrisi balita malnutrisi hingga status nutrisi mereka meningkat”, terang Wijaya

Program ini didesain fokus terhadap pengentasan gizi buruk dan gizi kurang yang menggunakan parameter-parameter gizi kurang dan bukan menggunakan parameter stunting, karena stunting termasuk merupakan malnutrisi atau kurang gizi kronis”, imbuh Wijaya.

  • Bagikan