Waspada
Waspada » 10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cocok Buat Orang Sibuk
Kesehatan

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cocok Buat Orang Sibuk

Waspada –  Perpaduan umum bagi seseorang untuk menurunkan berat badan adalah menjaga asupan makanan dan berolahraga.

Namun, ternyata ada teknik menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

Hal ini dilakukan dengan mengontrol secara serius hal yang dikonsumsi tubuh, terutama mengontrol kadar konsumsi kalori.

Selain untuk menurunkan berat badan, cara-cara ini juga bisa mencegah kenaikan berat badan di masa mendatang.

Berikut terdapat sejumlah cara, dari yang mudah hingga yang membutuhkan banyak upaya untuk menyiasati tujuan menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga:

1. Mengunyah secara perlahan

Tidak hanya bicara soal apa yang dimakan, tapi cara makan juga dapat mempengaruhi berat badan seseorang.

Semakin sempurna makanan terkunyah dan terolah, maka semakin baik untuk melewati proses selanjutnya.

Menurut penelitian, sebagaimana dilansir Healthline, orang yang mengunyah dengan cepat punya kecenderungan lebih berisiko menambah berat badan, hingga obesitas. Jadi, biasakan mengunyah makanan dengan tenang dan lambat.

2. Gunakan piring kecil

Cara ini bersifat sugestif, dengan cara membiasakan menggunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil saat makan.

Hal tersebut membuat seseorang otomatis mengonsumsi porsi yang lebih kecil. Piring kecil membuat porsi makanan terlihat lebih besar.

Sebaliknya, piring besar membuat porsi makanan terlihat lebih sedikit. Gunakan cara ini terutama untuk makanan-makanan yang tidak sehat.

3. Makan banyak protein

Konsumsi protein dapat menciptakan rasa kenyang pada seseorang. Penelitian menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan kaya protein akan lebih mampu mengontrol rasa lapar.

Jika rasa lapar lebih terkontrol, maka seseorang akan lebih mampu mengendalikan jumlah kalori yang dikonsumsi.

4. Jauhi makanan tidak sehat

Jika Anda sudah terlanjur memiliki makanan tidak sehat, segera simpan jauh-jauh makanan tersebut.

Kalau bisa, simpan di tempat yang tak terjangkau dari pandangan Anda, sehingga memungkinkan bahwa Anda tidak sadar memilikinya.

Sebuah studi yang dikutip oleh Healthline menyatakan keberadaan makanan yang terlihat di tempat tinggal seseorang berpengaruh tidak langsung pada berat badan penghuni.

5. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan kaya serat juga dapat menimbulkan rasa kenyang pada tubuh seseorang. Selain itu, makanan ini bisa lebih lama mempertahankan rasa kenyang.

Serat membentuk gel ketika bertemu dengan air dalam tubuh. Kondisi itu kemudian meningkatkan waktu tubuh saat menyerap nutrisi dari makanan.

6. Banyak minum air

Minum air secara berkala juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Hal tersebut lebih efektif jika dilakukan sebelum makan.

Penelitian menyebut, meminum air setengah liter sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan konsumsi kalori dalam tubuh.

7. Kurangi porsi makan

Secara sederhana, semakin banyak asupan makanan maka semakin besar pula sumbangan untuk berat badan.

Maka dari itu, secara sadar dan kebiasaan mengurangi porsi makanan baik dalam upaya menurunkan berat badan.

8. Makan dengan fokus

Makan tanpa gangguan kegiatan lain dapat membantu upaya seseorang dalam menurunkan berat badan.

Hal tersebut berkaitan dengan tidak sadarnya seseorang pada porsi makan yang dikonsumsi.

Kegiatan yang sering mengganggu fokus makan antara lain adalah menonton TV, bermain gadget, dan mengobrol dengan seseorang.

9. Tidur lebih banyak, kurangi stres

Kualitas dan kuantitas tidur yang lebih baik berpengaruh besar pada tingkat stres di diri seseorang.

Kedua hal tersebut juga bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Kurang tidur dapat memicu gangguan kerja-kerja hormon yang bertugas mengontrol nafsu makan, begitu juga dengan stres.

10. Hindari minuman manis

Gula yang terkandung dalam makanan atau minuman tentu bisa jadi pemicu penambahan berat badan.

Maka dari itu, menghindari minuman manis dan biasa menggantinya dengan air mineral adalah kebiasaan yang baik.

Jika hal tersebut terus dilatih pada diri seseorang, maka hal tersebut dapat mendukung niat diet atau tujuan Anda menurunkan berat badan.

Itulah sejumlah tips menurunkan berat badan tanpa olahraga. Hal tersebut sebaiknya dilakukan berkala, tanpa menyampingkan daya tahan tubuh. (healthline/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2