Kepala KPH III Aceh: Berkas 6 Ton Arang Kayu Bakau Dilimpahkan Ke Gakkum

LANGSA (Waspada): Kepala KPH Wilayah III Aceh, Amri Samadi SHut MSi, Senin (18/11) menegaskan, pihak Penyidik Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah III Aceh melimpahkan berkas arang kayu bakau diduga ilegal, kepada Balai Penegakkan Hukum (Gakkum) Wilayah Sumatera di Sumut dibawah Dirjend Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup.

Kepala KPH III Aceh: Berkas 6 Ton Arang Kayu Bakau Dilimpahkan Ke Gakkum
ARANG kayu bakau yang ditangkap 30 Oktober 2019 lalu telah dilimpahkan ke Balai Penegakkan Hukum (Gakkum) Wilayah Sumatera. Waspada/dede

"Berkas arang kayu bakau sekitar 6 ton yang diduga ilegal diamankan tanggal 30 Oktober lalu di Gampong Sungai Paoh, Kecamatan Langsa Barat oleh tim KPH Wilayah III Aceh ini," sebutnya. Sambungnya, salah satu alasan pelimpahan perkara arang kayu bakau diduga ilegal ini, yaitu para pihak yang terlibat diduga sebagian berada di wilayah Aceh dan sebagian lainnya berada di wilayah Sumut.

"Atas dasar itu, pihak KPH Wilayah III Aceh menduga perkara ini telah melibatkan korporasi," ujarnya. Kemudian setelah dilimpahkan, tambah Amri Amadi, tim Gakkum Wilayah Sumatera juga telah turun ke lapangan untuk mengecek asal usul kayu bakau yang merupakan bahan baku arang tersebut didampingi petugas dan penyidik KPH Wilayah III Aceh.

"Saat ini pihak Gakkum Wilayah Sumatera sedang memproses perkara dengan mengumpulkan bukti-bukti, dan memeriksa para pihak yang dianggap atau patut diduga terlibat langsung atau tidak langsung dalam perkara ini," tandas Amri Samadi. (m43)