Kabut Asap Selimuti wilayah Palas, Bupati minta masyarakat sholat Istighosa dan do'a bersama

PALAS (Waspada): Kabut asap kiriman yang menyelimuti wilayah kabupaten Padang Lawas (Palas) akaibat kebakaran hutan dan lahan kini semakin meresahkan bahkan mengganggu kesehatan warga terutama anak-anak dan lanjut usia.

Kabut Asap Selimuti wilayah Palas, Bupati minta masyarakat sholat Istighosa dan do'a bersama
Bupati pimpin rapat koordinasi penaganan dampak kabut asap yang menyelimuti wilayah Palas, Senin (23/9) Waspada/Idaham butar butar

Menyusul kondisi tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) Palas melakukan rapat dengan OPD terkait beserta camat dan MUI se kabupaten Padang Lawas, Senin (23/9) dalam rangka menanggulangi dan mencegah dampak kabut  asap  agar tidak semakin parah.

Turut hadir dalam rapat itu, pimpinan DPRD, H. irsan Bangun Harahap, asisten II setdakab Palas.Panguhum Nasutiion, S.Sos, M.AP, Sekretaris Dinas kesehatan, dr. Ummi Sahara camat dan ketua MUI se kabupaten Padang Lawas.

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Padanglawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) tersebut menghasilkan tiga poin, termasuk melaksanakan Sholat Istighosah Qubro dan Doa Bersama memohon kepada Allah SWT. yang mana agar bencana asap yang telah menimpa negara kita cepat selesai khususnya di kabupaten Padang Lawas,

Dimana pelaksanaannya serentak dimulai,  Jum'at (27/9) ba'da Sholat Jumat di wilayah masing- masing, baik di pondok pesanteren maupun  masjid yang ada di seluruh kecamatan dan desa di wilayah Palas.

Dan dinas kesehatan melalui seluruh puskesmas untuk melakukan pembagian masker, sekaligus memberikan pelayanan kesehatan mencegah ISPA.

Selain melakukan komukasi dan koordinasi dengan pihak pemerintah provinsi dalam hal mengambil langkah dan tindakan penanganan warga terkena dampak kabut asap terutama pelajar, apakah diliburkan atau tidak.  (a33/B)