Jalinsum Sosopan Terancam Putus

PADANGLAWAS (Waspada): Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) wilayah Kecamatan Sosopan terancam putus. Hal itu dikarenakan musim hujan yang mengakibatkan badan jalan ambruk dan longsor, bahkan kini terancam putus.

Jalinsum Sosopan Terancam Putus
Jalan lintas provinsi via kecamatan Sosopan semakin parah dan terancam putus. Waspada/Idaham butar butar
Jalinsum Sosopan Terancam Putus
Jalinsum Sosopan Terancam Putus

Menurut sejumlah warga dan pengguna jalan, Jum'at (25/10), kondisi jalinsum Sosopan beberapa bulan belakangan semakin parah dan sulit dilalui kenderaan, terutama kenderaan roda empat. Dan keadaan jalan provinsi yang melintasi wilayah Kecamatan Sosopan itu bertambah para menyusul musim hujan yang terjadi beberapa bulan belakangan.

Seperti dikatakan Zulkarnain Lubis, pengguna jalan asal Sibuhuan dan Hasan Hasibuan, warga Kecamatan Sosopan, bahwa kondisi jalinsum Sosopan semakin sulit dilalui karena disana-sini terdapat lobang menganga, bahkan di beberapa titik badan jalan terancam putus.

Hal itu dibenarkan Camat Sosopan, Paruhuman Harahap ketika dihubungi Waspada, katanya kondisi jalan provinsi yang melintasi wilayah kecamatan Sosopan ada beberapa titik yang keadaannya parah dan sulit dilalui.

Seperti di Desa Simartolu dekat perbatasan Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), begitu juga beberapa titik antara Desa Hulim dengan Desa Uluaer yang dari tahun ke tahun sering longsor setiapkali musim hujan.

Sementara Kepala UPT Bina Marga Dinas Bina Marga Provinsi Marlindo Harahap, saat dihubungi melalui telepon seluler, katanya akan segera turun ke lokasi dan melakukan penanganan sementara. (a33/C)