WHO: Pandemi Masih Jauh Dari Akhir - Waspada

WHO: Pandemi Masih Jauh Dari Akhir

  • Bagikan
Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan ada kemungkinan muncul Covid-19 dengan varian baru yang lebih berbahaya.

JENEWA, Swiss (Waspada): Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan ada kemungkinan muncul Covid-19 dengan varian baru yang lebih berbahaya.

Dilansir kantor berita AFP, Jumat (16/7/2021), varian ini dinilai lebih menular, mematikan atau memiliki potensi untuk melewati beberapa perlindungan dari vaksin.

Komite darurat badan kesehatan global mengatakan strain mutan akan membuat pandemi lebih sulit untuk berakhir. Meskipun ada upaya nasional, regional, dan global, pandemi ini belum selesai.

Saat ini berkembang empat varian Covid yang menyebar di dunia, Alpha, Beta, Gamma dan Delta. Covid varian Delta pertama kali terdeteksi di India dan kini sudah menyebar ke berbagai negara.

Ketua komite, Didier Houssin mengatakan, kondisi pandemi saat ini mengkhawatirkan. Setelah 1,5 tahun WHO pertama kali mengumumkan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC), saat ini pandemi Covid masih belum selesai.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta China lebih transparan soal asal muasal virus tersebut. Investigasi di Wuhan awal tahun ini terhambat oleh kurangnya data mentah pada hari-hari pertama penyebaran virus.

Sebuah tim menghabiskan empat minggu di dalam dan di sekitar kota bersama para peneliti China mengatakan, virus itu mungkin telah ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain.

Media Lawan Covid-19 : Aman di Rumah Mereka mengatakan, tidak mungkin jika pandemi ini bermula dari insiden laboratorium. China juga menyebut, mempolitisasi masalah Covid akan menghambat penyelidikan. (afp/m11)

  • Bagikan