Waspada
Waspada » Wapres Afghanistan Selamat Dari Serangan Bom Bunuh Diri, 2 Orang Tewas
Internasional

Wapres Afghanistan Selamat Dari Serangan Bom Bunuh Diri, 2 Orang Tewas

Petugas gawat darurat membawa seorang korban ledakan bom yang menyasar iring-iringan Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh di Kabul tengah pada Rabu (9/9/2020) pagi waktu setempat. Reuters

KABUL, Afghanistan (Waspada): Sedikitnya dua orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam insiden ledakan bom bunuh diri di Afghanistan yang menyasar konvoi Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh di Kabul tengah pada Rabu (9/9/2020) pagi waktu setempat.

“Serangan teroris ini gagal dan Saleh selamat dan baik-baik saja,” kata Razwan Murad, kepala kantor media Saleh. Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tareq Arian mengatakan laporan awal menunjukkan dua orang tewas dan 12 lainnya luka-luka dalam ledakan itu.

Salah satu ajudan Saleh yang enggan dikutip namanya, mengatakan kepada AFP bahwa seorang pengebom bunuh diri telah menargetkan konvoi Saleh ketika dia meninggalkan rumahnya menuju ke tempat kerja.

Abdullah, seorang penjaga toko, mengatakan ledakan itu telah meledakkan jendelanya. “Sebuah toko yang menjual tabung gas juga ikut terbakar sehingga tabung tersebut meledak,” ujarnya.

Sebelumnya, Saleh, seorang kritikus lantang Taliban, selamat dari serangan tahun lalu menjelang pemilihan presiden.

Saat itu sedikitnya 20 orang tewas dan 50 lainnya luka-luka, setelah seorang pria melakukan bom bunuh diri, disusul dengan serangan sekelompok orang bersenjata di kantornya.

Serangan hari Rabu (9/9) terjadi ketika negosiator Afghanistan dan Taliban diperkirakan akan segera memulai pembicaraan damai di ibu kota Qatar, Doha.

Saleh adalah wakil “pertama” Presiden Ashraf Ghani. Wakil presiden kedua adalah Sarwar Danish. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2