Wali Kota Di Filipina Dibunuh Kelompok Bersenjata

  • Bagikan

     MANILA, Filipina (Waspada): Sekelompok pria bersenjata bersepeda motor membunuh wali kota di wilayah Filipina bagian selatan. Sementara seorang wali kota lainnya mengalami luka-luka dalam serangan yang sama.

     Seperti dilansir Associated Press, Senin (6/12/2021), serangan yang terjadi di desa tepi pantai itu juga menewaskan sopir dari kedua Wali Kota dan membuat warga setempat melarikan diri ke tempat yang aman.

     Kepolisian setempat menuturkan bahwa Wali Kota Al-Barka, Darussalam Lajid, tewas dan Wali Kota Akbar, Alih Sali, mengalami luka-luka setelah diserang dua pria bersenjata saat sedang berjalan di kota Zamboanga, tak lama setelah tiba dengan kapal cepat dari Pulau Basilan, pada Senin.

     Ditambahkan kepolisian setempat bahwa seorang pengawal kedua Wali Kota itu mengalami luka-luka dan seorang sopir yang bertugas menjemput mereka tewas.

     Para penyidik setempat tengah berupaya mengidentifikasi dua pelaku penembakan maut tersebut. Kedua pelaku didampingi dua orang lainnya yang kabur dengan sepeda motor usai beraksi.

     Motif di balik serangan maut ini juga masih diselidiki otoritas setempat, dengan dugaan rivalitas politik ikut diselidiki. Kedua wali kota itu dilaporkan kembali mencalonkan diri untuk Pemilu 9 Mei mendatang.

     Pelaksanaan pemilu Filipina di masa lalu diwarnai pertumpahan darah dan tudingan kecurangan, terutama di wilayah-wilayah pinggiran dengan penegakan hukum yang lemah dan proliferasi senjata api tanpa izin serta adanya tentara-tentara bayaran. (ap/m11)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *