Wakili Rusia, Steven Seagal Hadiahi Presiden Venezuela Pedang Samurai - Waspada

Wakili Rusia, Steven Seagal Hadiahi Presiden Venezuela Pedang Samurai

  • Bagikan
Aktor Hollywood, Steven Seagal (kiri), menyerahkan pedang samurai kepada Presiden Venezuela, Nicolas Maduro (kanan). Reuters

CARACAS, Venezuela (Waspada): Presiden Venezuela Nicolas Maduro menerima hadiah berupa pedang samurai dari aktor Hollywood, Steven Seagal. Hadiah itu diterima Maduro saat Seagal berkunjung ke Venezuela sebagai perwakilan Rusia.

Dilansir kantor berita Reuters, Kamis (6/5/2021), momen serah terima senjata khas Jepang antara keduanya terekam lewat gambar yang disiarkan televisi pemerintah setempat, Selasa (4/5/2021) malam.

Di situ, Maduro tampak mengenakan masker putih dan kemeja lengan panjang hitam tradisional Venezuela—yang dikenal dengan nama liqui liqui.

Sang presiden menempatkan pedang di atas bahunya, sedangkan Seagal mengangguk dan menunjuk sebagai penegasan. Peristiwa itu berlangsung Istana Kepresidenan Miraflores di Caracas.

“Kepala negara Venezuela bermanuver setelah menghunus pedang,” kata seorang narator televisi Venezuela yang menyebut senjata itu sebagai “simbol kepemimpinan”.

Seagal adalah seniman bela diri kelahiran AS. Dia menjadi terkenal lantaran memproduksi dan membintangi banyak film laga. Aktor kelahiran 10 April 1952 itu sudah lama menjadi pengagum Vladimir Putin—presiden Rusia yang juga menyukai seni bela diri.

Pada 2016, Putin memberikan Seagal kewarganegaraan Rusia. Pada 2018, Rusia menugaskan bintang laga itu untuk meningkatkan hubungan antara Moskow dan Washington DC.

Maduro dicap sebagai diktator oleh Amerika Serikat dan banyak negara Barat lainnya. Dia dituding melanggar hak asasi manusia dan mencurangi Pemilu Venezuela 2018 yang kembali dimenangkannya.

Akan tetapi, Maduro tetap berkuasa sampai hari ini atas dukungan berkelanjutan dari Rusia. Moskow pun yang telah mengingatkan Washington DC untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri Caracas. (reuters/m11)

  • Bagikan