Waspada
Waspada » Vaksin Moderna Disebut Manjur Lawan Covid-19 Varian Baru
Internasional

Vaksin Moderna Disebut Manjur Lawan Covid-19 Varian Baru

CAMBRIDGE, Inggris (Waspada): Vaksin Covid-19 buatan perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Moderna, dinilai ampuh melawan virus corona varian baru asal Inggris dan Afrika Selatan.

Dikutip dari BBC, Selasa (26/1/2021), hal itu diketahui dari hasil tes awal laboratorium yang menunjukkan antibodi yang dipicu oleh vaksin Moderna dapat mengenali dan melawan virus varian baru.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan vaksin bekerja terhadap penerima. Seperti diketahui, Covid-19 varian baru asal Inggris dan Afrika Selatan lebih menular dari versi biasa.

Varian tersebut kini sudah menyebar ke puluhan negara. Para ahli menyebut varian asal Inggris yang muncul pada September 2020 lebih menular 70 persen dibandingkan virus yang ada sejak awal pandemi.

Sementara umumnya vaksin yang tersedia saat ini dirancang untuk melawan Covid varian awal.  Meski demikian para ahli yakin vaksin yang ada masih bisa melawan virus corona varian baru.

Penelitian awal, vaksin Pfizer juga menunjukkan bisa melawan virus varian Inggris. Sementara untuk studi vaksin Moderna, peneliti mengambil sampel darah dari delapan orang yang telah menerima dua dosis sebelumnya.

Temuan ini memang belum ditinjau lebih lanjut, namun mulai menunjukkan kekebalan terhadap Covid varian baru. Moderna menyatakan, produknya mungkin bekerja lebih cepat melindungi pengguna dari Covid varian asal Afrika Selatan.

Vaksin Moderna telah disetujui regulator untuk digunakan Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris. Cara kerja vaksin ini mirip dengan Pfizer, yang sudah lebih dulu digunakan di Inggris. Lebih dari 6,3 juta penduduk Inggris telah mendapatkan dosis pertama vaksin Pfizer dan AstraZeneca. (bbc/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2