Waspada
Waspada » Untuk Perangi Corona, Bank Dunia Kucurkan Rp167 Triliun
Internasional

Untuk Perangi Corona, Bank Dunia Kucurkan Rp167 Triliun

Ilustrasi. AP

WASHINGTON, AS (Waspada): Bank Dunia meluncurkan paket bantuan senilai US$12 miliar (sekitar Rp167 triliun) untuk membantu negara-negara memerangi wabah virus corona.

“Tujuannya adalah menyediakan tindakan cepat, efektif, yang menanggapi kebutuhan negara,” kata Presiden Bank Dunia, David Malpass, seperti dilaporkan AFP, Rabu (4/3/2020).

Dia mengatakan, sangat penting mengakui beban baru ini bagi negara-negara miskin, apalagi yang tidak diperlengkapi fasilitas memadai untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Bank Dunia menyatakan, dana itu di antaranya ditargetkan untuk negara-negara termiskin di dunia. Dana pinjaman itu juga dapat digunakan untuk membeli peralatan medis atau layanan kesehatan; dan akan mencakup kepakaran hingga saran kebijakan.

Virus Unik

Sementara itu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut corona sebagai virus yang unik dengan karakteristik berbeda dibandingkan wabah sebelumnya.

Karena keunikannya itulah, virus yang sudah menjangkiti 80 negara ini berbeda dibandingkan SARS, MERS, dan influenza. “Kami paham virus dan penyakit yang ditimbulkannya ini semakin bertambah dan bertambah,” kata Tedros.

Menurut dia, berdasarkan penelitian, efek penularan virus corona tidak terlihat dan dirasakan seperti influenza. Orang-orang yang sejauh ini terinfeksi tidak merasa sakit terlebih dulu.

Kondisi ini memicu virus bisa menyebar lebih cepat. Orang yang sebenarnya sudah terinfeksi merasa dirinya baik-baik saja dan terus berinteraksi dengan yang lain. Hasil penelitian di China menunjukkan, sebagian besar penderita mengalami gejala setelah 2 hari. Selain itu 1 persen dari total orang yang terinfeksi virus korona tak menunjukkan gejala apa apun, seperti demam dan sesak napas. (afp/Xinhua/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2