Ultah, Ratu Inggris Gelar Upacara Sederhana - Waspada

Ultah, Ratu Inggris Gelar Upacara Sederhana

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II menyaksikan upacara Trooping the Color untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-94 di Istana Windsor, Sabtu (13/6/2020). Insider

LONDON, Inggris (Waspada): Ratu Elizabeth II menggelar upacara militer sederhana sebagai peringatan resmi hari ulang tahunnya ke-94 di Kastil Windsor pada Sabtu (13/6) waktu setempat, di tengah kebijakan lockdown yang masih berlaku di Inggris selama pandemi virus corona (Covid-19).

Ratu Elizabeth bersama suaminya, Pangeran Philip, terlihat menyaksikan parade militer dalam kelompok kecil di halaman kediaman mereka, yang merupakan penampilan publik pertama kedua pasangan itu sejak lockdown virus corona berlaku pada akhir Maret di Inggris.

Parade itu menampilkan pasukan keamanan Welsh yang melakukan parade senjata. Dikutip dari AFP, Minggu (14/6/2020) anggota pasukan itu tetap menuruti protokol pemerintah terkait corona selama melakukan pawai, salah satunya menjaga jarak minimal dua meter antara masing-masing personel.

Setiap tahun, peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth kerap digelar dengan upacara dan parade militer megah yang melibatkan ratusan prajurit dari resimen paling bergengsi di Inggris. Upacara itu dikenal dengan Trooping the Color.

Namun, Ratu Elizabeth memutuskan tidak akan menggelar pawai Trooping the Color pada 21 April lalu, tepat di hari ulang tahunnya akibat krisis virus corona.

Sebagai gantinya, saat itu Ratu Elizabeth hanya melakukan pertemuan virtual dengan keluarga kerajaan melalui panggilan telepon video.

Tahun ini merupakan pertama kalinya Ratu Elizabeth tidak menggelar pesta hari jadi dalam 68 tahun terakhir. Tradisi Trooping the Color dimulai oleh Raja George II pada 1748. Parade militer ini di mulai dari Istana Buckingham, menyusuri Mall, dan menuju Taman Horse Guard’s Parade.

Dalam parade itu, anggota keluarga kerajaan turut serta dalam pawai menggunakan kuda atau kereta kuda. Lebih dari 200 kuda, 400 musisi, dan 1.400 aparat berpartisipasi dalam parade ulang tahun Ratu Elizabeth pada tahun lalu.

Di Inggris, Ratu Elizabeth merupakan panglima angkatan bersenjata. Parade tersebut juga dijadikan momen bagi Ratu Elizabeth untuk meninjau para pasukan militernya. Inggris memang menjadi salah satu negara dengan kasus corona dan angka kematian paling tinggi di Eropa.

Berdasarkan data statistik Worldometer per Minggu (14/6), Inggris tercatat memiliki 294.375 kasus corona dengan 41.662 kematian. (afp/m11)

 

  • Bagikan