Ultah Ratu Elizabeth II Berlalu Tanpa Kemeriahan - Waspada

Ultah Ratu Elizabeth II Berlalu Tanpa Kemeriahan

  • Bagikan
Tidak ada perayaan publik untuk ulang tahun ke-95 Ratu Elizabeth II, kepala monarki tertua di dunia, yang berlangsung pada Rabu (21/4/2021), di tengah suasana duka usai meninggalnya Pangeran Philip. Observer

LONDON, Inggris (Waspada): Ulang tahun ke-95 Ratu Elizabeth II, kepala monarki tertua di dunia, berlangsung pada Rabu (21/4/2021), di tengah suasana duka usai meninggalnya Pangeran Philip.

Berbeda dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini tidak ada perayaan publik untuk ulang tahun ratu, yang berlangsung tak lama setelah dia mengucapkan selamat tinggal di pemakaman suaminya yang mendampingi selama 7 dekade.

Pangeran Philip menikah dengan Elizabeth II pada 1947 dan meninggal pada 9 April di usia 99 tahun. Selama prosesi pemakaman sang ratu yang berbalut pakaian hitam, terlihat duduk seorang diri, karena aturan Covid-19.

Sementara ini, Ratu Elizabeth II hanya berada di kastil di hari ulang tahunnya, yang secara tradisional biasanya dirayakan dengan sedikit atau tanpa upacara, menurut laporan yang dilansir dari Reuters pada Rabu (21/4/2021).

Tidak akan ada penghormatan senjata di Menara London atau taman Hyde di ibu kota London, yang biasanya terjadi pada hari ulang tahun ratu. Namun, ratu memiliki hari ulang tahun resmi, yang biasanya dirayakan dengan kemegahan yang lebih besar pada Sabtu kedua pada Juni.

Saat ini, kematian Duke of Edinburgh masih menyisakan duka mendalam bagi ratu, karena ia adalah orang terdekat dan paling dipercaya ratu, yang telah mendampingi selama 69 tahun masa pemerintahannya.

Surat kabar setempat memperkirakan bahwa anggota keluarga Kerajaan Inggris akan mengunjungi Ratu Elizabeth II selama beberapa hari mendatang, untuk memastikan dia tidak merasa sendiri saat berduka.

Ratu Elizabeth II, yang lahir pada 21 April 1926, di Bruton Street, London pusat, tumbuh besar tanpa menyangka akan menjadi ratu. Ayahnya, George VI, menjabat menjadi raja menggantikan kakak laki-lakinya, Edward VIII, yang turun tahta pada 1936, karena menikahi janda Amerika, Wallis Simpson.

Elizabeth II naik tahta pada 1952 pada usia 25 tahun dan kini ia telah mencatatkan rekor menjadi raja paling lama menjabat, melampaui nenek buyutnya, Ratu Victoria yang menjabat 61 tahun (1840-1901).

Elizabeth II ini juga merupakan ratu dari 15 negara bekas jajahan Inggris termasuk Kanada, Australia dan Selandia Baru. (reuters/m11)

  • Bagikan