Waspada
Waspada » Turki Balas Serangan Pasukan Suriah, Puluhan Tentara Tewas
Internasional

Turki Balas Serangan Pasukan Suriah, Puluhan Tentara Tewas

Pasukan Turki di Suriah

ANKARA, Turki (Waspada): Turki melancarkan serangan ke Idlib, Suriah, untuk membalas serangan pasukan rezim Bashar Al Assad, pada Senin (3/2/2020). Puluhan tentara Suriah dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

Di hari yang sama sebelumnya, pasukan Suriah menyerang Idlib menewaskan empat tentara Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan militernya menggelar operasi untuk membelas kematian tentaranya. “Ada operasi yang sedang berlangsung saat ini dan berdasarkan laporan awal 30 hingga 35 tentara Suriah dinetralkan,” kata Erdogan, dikutip dari AFP.

Lebih lanjut Erdogan meminta Rusia untuk tidak mencampuri urusan ini. Diketahui, Rusia merupakan sekutu dekat Presiden Bashar Al Assad, namun di sisi lain negara itu juga punya hubungan erat dengan Turki.

“Saya ingin secara khusus memberi tahu pihak berwenang Rusia bahwa teman bicara kami di sini bukan Anda, melainkan rezim (Suriah) dan jangan halangi kami,” ujar Erdogan, menegaskan.

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Turki menyatakan empat tentaranya tewas dalam serangan oleh rezim Suriah di wilayah barat laut Idlib. Sembilan tentara lainnya mengalami luka, satu di antaranya dalam kondisi serius.

Kementerian menegaskan, tentara Turki diserang meskipun sebelumnya sudah berkoordinasi untuk menjaga wilayah tersebut. Turki memiliki 12 pos pengamatan di Idlib sebagai bagian dari kesepakatan Turki-Rusia untuk mencegah serangan rezim.

Rezim Suriah meningkatkan serangan dalam beberapa pekan terakhir terhadap Idlib, benteng terakhir kelompok pemberontak. Erdogan pada pekan lalu memperingatkan Suriah bahwa pihaknya bisa menggunakan kekuatan militer terhadap rezim Damaskus.

Keputusan Erdogan untuk menjaga Idlib ini tak lepas dari upaya Turki untuk mengurangi jumlah pengungsi Suriah yang terus masuk ke neraganya. Saat ini Turki menampung lebih dari 3,5 juta pengungsi Suriah.

Dengan adanya gelombang kekerasan baru di Idlib, jumlah itu bisa membengkak. Turki sedang membangun rumah penampungan di perbatasan wilayah Suriah untuk digunakan para korban kekerasan rezim Assad. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2