Waspada
Waspada » Trump Sakit, Biden Ungguli Jajak Pendapat
Internasional

Trump Sakit, Biden Ungguli Jajak Pendapat

Joe Biden

WASHINGTON, AS (Waspada): Jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden kian unggul dibandingkan Presiden Donald Trump. Survei ini digelar usai Trump terinfeksi virus Corona.

Dalam jajak pendapat yang dirilis Senin (5/10/2020) WIB menunjukkan Biden unggul 10 poin dibandingkan Trump. Sedikit lebih tinggi dibandingkan dua bulan sebelumnya.

Sekitar 65 persen warga Amerika mengatakan Trump tidak akan terinfeksi virus Corona bila ia menanggapinya dengan lebih serius.  Sekitar 55 persen mengatakan mereka tidak yakin Trump mengungkapkan informasi yang benar mengenai virus Corona.

Tim kampanye Trump berjanji Wakil Presiden Mike Pence yang akan melanjutkan jabatan presiden bila Trump tidak bisa melakukan tugasnya. Pence akan berkampanye dengan ‘agresif’ pada pekan ini. Begitu pula dengan tiga anak tertua Trump.

“Kami tidak bisa diam saja di rubanah atau menutup ekonomi tanpa batas waktu, kami harus melakukannya secara langsung,” kata penasihat senior kampanye Trump, Jason Miller di stasiun televisi ABC, Senin (5/10).

Pence yang hasil tes virus Coronanya negatif akan menjalani debat dengan calon wakil presiden Kamala Harris, Rabu (7/10) ini. Biden menghindari untuk mengkritik Trump secara langsung dalam kampanyenya di Michigan.

“Saya tinggal tempat sedikit di sini, karena saat ini saya tidak ingin menyerang presiden dan ibu negara,” kata Biden seraya menambahkan ia berharap Trump dan istrinya Melania segera sembuh.

Tapi ia kembali menggunakan nada yang keras saat berbicara dengan serikat buruh. Ia mengatakan penanggulangan pandemi yang dilakukan Trump ‘tidak masuk akal’ dan menyerang pernyataan Trump pada musim panas lalu mengenai jumlah korban Covid-19.

Biden beruntung tak terinfeksi virus corona meski ia melakoni debat Capres dalam panggung yang sama bersama Trump pada Selasa pekan lalu. Dikutip dari Reuters, Senin (5/10), tim kampanye Biden tak memberi rincian lain saat ditanya tentang frekuensi tes terbaru Biden.

“Wakil Presiden Biden menjalani tes PCR Covid-19 hari ini dan Covid-19 tak terdeteksi,” kata tim kampanye Biden, dilansir The Washington Post, Senin. (afp/ap/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2