Truk BBM Tabrak Bus Penumpang Di Kamerun, 53 Orang Tewas Mengenaskan - Waspada

Truk BBM Tabrak Bus Penumpang Di Kamerun, 53 Orang Tewas Mengenaskan

  • Bagikan
Warga berkumpul di lokasi tabrakan maut yang menewaskan 53 orang di wilayah Kamerun sebelah barat. AP

YAOUNDE, Kamerun (Waspada): Kecelakaan mengerikan terjadi di Santchou, Kamerun, pada Rabu (27/1/2021) waktu setempat.

Dilansir Associated Press, Kamis (28/1/2021), truk tangki pengangkut bahan bakar melaju kencang lalu menabrak bus yang dipenuhi penumpang hingga meledak dan terbakar.

Gubernur Wilayah Barat Kamerun Awa Fonka Augustine mengatakan, sedikitnya 53 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan tersebut sementara 21 lainnya luka-luka.

“Sebuah truk mengangkut bahan bakar melaju kencang menabrak bus berkapasitas 70 tempat duduk yang membawa penumpang dari kota pesisir Douala ke Bafoussam, ibu kota wilayah Kamerun Barat,” ujar Augustine.

Para korban tewas umumnya mengalami luka bakar. Sementara sopir truk melarikan diri setelah kecelakaan. Agustinus langsung memerintahkan penangkapannya.

Tayangan yang dirilis stasiun televisi lokal, CRTV, menunjukkan asap mengepul dari kendaraan yang terbakar disaksikan oleh warga.

Ratusan orang bergegas ke Kota Santchou untuk memastikan apakah kerabat mereka masih hidup atau meninggal dunia.

“Tampaknya tidak mungkin untuk mengidentifikasi mayat yang saya lihat ini. Mereka terbakar tanpa bisa dikenali,” kata Honore Nzali, pengusaha berusia 54 tahun yang sedang mencari saudaranya.

Diketahui, kecelakaan lalu lintas sering terjadi di Kamerun. Pemerintah menyalahkan pengemudi yang ugal-ugalan serta kondisi kendaraan tak layak. Sebaliknya, pengemudi menyalahkan kondisi jalan yang buruk.

Pada Desember 2020, 37 orang tewas dan 18 lainnya luka berat dalam sebuah kecelakaan di Makenene. (daily mail/m11)

  • Bagikan