Waspada
Waspada » Tokoh Senior Palestina Meninggal Dunia Akibat Virus Corona
Internasional

Tokoh Senior Palestina Meninggal Dunia Akibat Virus Corona

Sekjen Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sekaligus negosiator senior Palestina, Saeb Erekat, meninggal dunia akibat Covid-19, pada Selasa (10/11/2020) waktu setempat. CNN

YERUSALEM, Palestina (Waspada): Sekjen Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang juga negosiator senior untuk perdamaian dengan Israel, Saeb Erekat, meninggal dunia akibat Covid-19, Selasa (10/11/2020) waktu setempat.

Pernyataan yang dikeluarkan kepresidenan Palestina mengungkap, Erekat meninggal dunia di Rumah Sakit Hadassah, Yerusalem, pada usia 65 tahun. Erekat dilarikan ke rumah sakit pada 18 Oktober lalu karena membutuhkan penanganan serius.

Sejak itu kondisinya terus menurun. Dia mengalami masalah kronis pada sistem pernapasan. “Situasinya tidak baik,” kata sang kakak, Saber Erekat, saat itu. Erekat pernah menjalani operasi transplantasi paru-paru di Amerika Serikat pada 2017.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Amerika Serikat itu meninggalkan seorang istri, empat anak, serta delapan cucu.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Erekat. Abbas menggambarkan kepergian Erekat sebagai kerugian besar bagi rakyat Palestina.

“Kepergian seorang saudara sekaligus teman, Saeb Erekat, merupakan kerugian besar bagi Palestina dan rakyat. Kami sangat sedih,” kata Abbas, dikutip dari AFP. Abbas menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari.

Saeb Erekat menjadi juru runding dalam pembicaraan dengan Israel selama lebih dari dua dekade, dan memperjuangkan negara Palestina secara penuh. Ia termasuk salah seorang pencetus perjanjian Oslo 1995, perjanjian damai pertama antara Israel dan Palestina.

Ia juga sangat menentang rencana perdamaian Presiden Donald Trump terkait Timur Tengah. Erekat pernah menjabat sebagai sekretaris jendral Organisasi Pembebasan Palestina, PLO dan anggota faksi terkuat Palestina, Fatah. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2