Waspada
Waspada » Tertinggi Setelah China, 32 Orang Positif Corona Di Thailand
Internasional

Tertinggi Setelah China, 32 Orang Positif Corona Di Thailand

Pekerja medis merawat pasien yang terinfeksi virus corona. AP

BANGKOK, Thailand (Waspada): Korban virus corona terus bertambah di Thailand. Kementerian Kesehatan Umum Thailand melaporkan ada tujuh kasus baru virus corona di negaranya.

Dilansir Channel News Asia, Sabtu (8/2/2020), tujuh kasus baru ini terdiri atas tiga warga Thailand dan empat warga China. Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Suwannachai Wattanayingcharoenchai mengatakan ketujuh orang yang terinveksi saat ini sudah berada di rumah sakit. “Tujuh kasus baru semuanya ada di rumah sakit,” ujar Suwannachai.

Suwannachai menyebut, tiga diantara empat warga China yang baru terdeteksi corona merupakan keluarga dari korban virus corona sebelumnya. Sedangkan sisanya, merupakan turis yang bersal dari daerah yang berisiko virus corona.

Disebutkan dengan bertambahnya jumlah korban, saat ini total kasus terinfeksi virus corona di Thailand menjadi 32 orang. Jumlah ini disebut sebagai jumlah tertinggi kasus infeksi corona di luar China.

Dari 32 kasus tersebut, ada sembilan warga Thailand dan 23 warga China di Thailand yang terinfeksi virus corona. Sebanyak 10 orang telah diizinkan pulang, sementara 22 orang lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit. “Pada hari Sabtu, satu pasien lagi diizinkan pulang, jumlah pemulangan pasian menjadi 10. (Sebanyak) 22 pasien lain masih di rumah sakit,” tuturnya.

64 Orang Terinfeksi Corona di kapal Pesiar

Sementara itu, ada 64 penumpang kapal pesiar Diamond Princess Jepang yang dinyatakan positif virus corona. Data terbaru terkonfirmasi sehari setelah 41 penumpang tambahan ditemukan telah tertular. Pihak berwenang Jepang sejauh ini telah memeriksa sekitar 280 orang di kapal pesiar tersebut.

Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan tambahan tiga orang yang positif terinfeksi virus, yaitu seorang wanita berusia 60 tahun dan seorang pria berusia 70 tahun yang merupakan warna Amerika, serta seorang wanita China berusia 30-an tahun. Ketiganya kini telah dibawa ke rumah sakit.

Sebelumnya, otoritas Jepang mengumumkan ada 41 orang lainnya yang dinyatakan positif virus corona di dalam kapal pesiar yang sedang dikarantina di Yokohama.

Karantina dan pemeriksaan massal di dalam kapal pesiar ini dilakukan otoritas Jepang setelah seorang penumpang berusia 80 tahun yang turun di Hong Kong, belakangan dinyatakan positif virus corona. Penumpang kakek-kakek itu diketahui sempat berkunjung ke China sebelum naik kapal pesiar tersebut.

Dengan bertambahnya jumlah orang yang positif virus corona, maka akan ada lebih banyak orang di dalam kapal pesiar bernama Diamond Princess itu yang diperiksa lebih lanjut. Diketahui ada 3.711 orang, yang terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 awak, di dalam kapal pesiar itu. (cna/afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2