Waspada
Waspada » Tercatat Ada 599 Kasus Baru Corona Di Korsel Dalam Sehari
Internasional

Tercatat Ada 599 Kasus Baru Corona Di Korsel Dalam Sehari

Sejumlah tentara di Korea Selatan menyemprotkan disinfekstan sembari menggunakan pakaian khusus di Balai Kota Daegu, Senin (2/3/2020) untuk mencegah penyebaran virus corona. AP

SEOUL, Korea Selatan (Waspada): Penularan wabah virus corona di Korea Selatan terus meningkat. Pada Senin (2/3/2020), otoritas Korsel melaporkan 599 kasus baru dalam satu hari

Seperti dilansir Associated Press, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea menyatakan, hingga Minggu (1/3) tengah malam waktu setempat, jumlah total pasien terinfeksi virus corona mencapai 4.335 orang, atau naik 476 dari hari sebelumnya. Empat kematian dilaporkan sepanjang hari tersebut, sehingga sejauh ini total korban jiwa akibat virus corona mencapai 26 orang.

Infeksi virus corona terus meningkat di Korea Selatan dalam 12 hari terakhir, dengan 3.705 kasus baru dilaporkan dari 19 Februari hingga 1 Maret. Negara tersebut telah menaikkan level waspada virus tersebut ke level “merah” yang merupakan level tertinggi.     Mengenai pasien-pasien baru tersebut, 377 orang di antaranya merupakan warga Kota Daegu, yang berjarak sekitar 300 kilometer tenggara Seoul, ibu kota Korsel, dan 68 orang lainnya berasal dari provinsi North Gyeongsang di dekatnya.

Total kasus corona di Daegu dan provinsi North Gyeongsang masing-masing telah meningkat menjadi 3.081 dan 624 kasus. Adapun jumlah pasien corona yang telah dinyatakan sembuh, sejauh ini berjumlah 31 orang.

Kasus Pertama di New York

Sementara itu, otoritas Negara Bagian New York mengonfirmasi kasus pertama COVID-19 di wilayah tersebut. Gubernur New York, Andrew Cuomo mengatakan bahwa pasien corona pertama di New York itu adalah seorang wanita berumur 30-an tahun. Dia tertular penyakit itu saat bepergian ke Iran.

Wanita itu saat ini dirawat di Manhattan. “Pasien tersebut mengalami gejala pernapasan, namun tidak dalam kondisi serius dan situasinya terkontrol sejak tiba di New York,” kata Cuomo.

Cuomo pun menyerukan warga New York untuk tetap tenang. Dikatakannya bahwa “tak ada alasan untuk kecemasan yang tidak semestinya” dan bahwa risiko yang ditimbulkan oleh virus tersebut “tetap rendah” di negara bagian tersebut.

Sejauh ini, setidaknya 89 kasus virus corona telah terkonfirmasi di Amerika Serikat. Dua orang di Washington telah meninggal akibat virus ini, termasuk seorang kakek berumur 70-an tahun yang sebelumnya telah memiliki masalah kesehatan. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2