Waspada
Waspada » Terbukti Korupsi, Mantan Kepala Interpol Dibui 13,5 Tahun
Internasional

Terbukti Korupsi, Mantan Kepala Interpol Dibui 13,5 Tahun

Meng Hongwei saat menjalani sidang di pengadilan rakyat Tianjin. National Post

BEIJING, China (Waspada): Mantan kepala Interpol asal China, Meng Hongwei, divonis dengan hukuman 13 tahun dan 6 bulan penjara di pengadilan Beijing, Selasa (21/1/2020). Dia didakwa menerima suap saat menjadi pejabat keamanan China.

Pengadilan Rakyat di Tanjin, seperti dilaporkan AFP, mengungkap, selain hukuman penjara, Meng juga dikenai denda 2 juta yuan atau sekitar Rp4 miliar. Hakim mengatakan Meng telah dengan jujur ​​mengakui semua fakta kejahatan dan tidak akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Meng pernah menjabat wakil menteri keamanan publik sebelum pindah ke markas besar Interpol di Lyon, Prancis. Mantan petinggi Partai Komunis itu terjebak dalam jeratan kampanye antikorupsi Presiden Xi Jinping.

Sebelum kasus korupsi mencuat, Meng sempat dilaporkan hilang pada 2018 setelah meninggalkan markas Interpol di Lyon dalam perjalanan ke China. Setelah lama tak ada kabar, Meng diisukan ditangkap oleh penegak hukum China untuk diperiksa terkait tuduhan korupsi.

Namun keluarga membantah tuduhan itu dan berdalih penangkapan ini bernuansa politik. Setelah itu Meng mengundurkan diri sebagai kepala Interpol dan keanggotaannya di Partai Komunis dicabut.

Dalam persidangan pada Juni 2019, dia mengaku bersalah menerima suap sebesar 2,1 juta dolar AS. Pengadilan mengungkap Meng memanfaatkan status dan posisinya untuk mencari keuntungan tidak pantas dan mengumpulkan uang suap. Istri Meng mendapat suaka politik dari Prancis pada 2019 setelah mengatakan dia dan kedua anaknya khawatir menjadi target penculikan. (afp/And)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2