Waspada
Waspada » Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina
Internasional

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina

Sejumlah penduduk Palestina berlari menghindari tembakan gas air mata yang dilepaskan tantara Israel dalam bentrokan yang terjadi di Tepi Barat. AP

YERUSALEM, Palestina (Waspada): Tentara Israel menembak mati seorang remaja Palestina dalam bentrokan yang berlangsung di kawasan Tepi Barat, Rabu (13/5/2020) waktu setempat.

Peristiwa tragis itu terjadi bertepatan dengan kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, di wilayah Palestina yang diduduki zionis.

Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan, korban penembakan brutal itu bernama Zaid Qaysia (15). “Dia dibunuh oleh tentara Israel dengan peluru tajam yang ditembakkan hingga menembus kepalanya di kamp al-Fawar,” ungkap kementerian tersebut, seperti dikutip dari AFP.

Kamp al-Fawar berada dekat dengan Kota Hebron di wilayah selatan Tepi Barat. Menurut laporan Kementerian Kesehatan Palestina, selain korban meninggal, ada empat warga Palestina lainnya yang terluka dalam bentrokan itu. Sementara, militer Israel mengaku sedang memeriksa laporan terkait penembakan sadis itu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya bersumpah akan mencaplok wilayah Palestina di Tepi Barat dalam skala lebih luas untuk dijadikan permukiman Yahudi dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam pidato virtual kepada para pendukung dari kalangan Kristen evangelis Israel, Minggu (26/4/2020), Netanyahu mengatakan dia ingin menjalankan sebagian dari rencana perdamaian Timur Tengah versi Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang disampaikan pada Januari lalu.

Trump pun merestui wilayah Tepi Barat untuk Israel, keputusan yang dikecam dunia karena melanggar hukum internasional. “Beberapa bulan dari sekarang, saya yakin janji itu akan bisa diwujudkan,” kata Netanyahu, seperti dikutip dari Xinhua, akhir April lalu. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2