Waspada
Waspada » Tank Israel Serbu Hamas Di Gaza
Internasional

Tank Israel Serbu Hamas Di Gaza

TEL AVIV, Israel (Waspada): Tank-tank Israel dilaporkan menyerang Hamas di Jalur Gaza, sebagai respons atas “kerusuhan” dan bom balon yang diterbangkan di selatan negara mereka.

Seperti dilansir kantor berita AFP Senin (17/8/2020), dalam keterangannya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menuturkan, tank mereka menghancurkan sejumlah pos pengamatan milik kelompok itu.

Militer Israel mengklaim, serangan itu merupakan balasan atas ketegangan di perbatasan baik menggunakan peledak maupun bom balon. “Puluhan orang juga menggelar kerusuhan di pagar perbatasan Jalur Gaza,” ujar IDF.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam insiden tersebut. Operasi itu terjadi di tengah sepakan ketegangan, dengan Israel maupun Hamas terlibat kontak senjata di perbatasan.

Tel Aviv melakukan manuver dengan menutup persimpangan Kerem Shalom. Kemudian pada Minggu (16/8/2020), mereka memblokir area penangkapan ikan.

Dinas pemadam kebakaran melaporkan, mereka mendeteksi adanya 28 titik api, di mana petani menuturkan diakibatkan kebun alpukat yang terbakar.

Sejak 6 Agustus, pihak penyelidik mengungkapkan terdapat 149 kebakaran di kawasan selatan dikarenakan bom balon yang diterbangkan dari Gaza.

Kemudian pada Sabtu malam (15/8/2020), sekelompok orang Palestina membakar ban, melemparkan peledak, dan granat ke pagar pembatas.

Israel kemudian menanggapinya dengan menggelar serangan udara ke wilayah Hamas, mengenai bangunan yang diklaim menyimpan amunisi roket musuh.

Meski pada tahun lalu terdapat gencatan senjata yang diinisiasi PBB, Mesir, dan Qatar, kedua pihak masih terlibat ketegangan secara sporadis. (afp/m11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2