Waspada
Waspada » Takut Tertular, Bayi Positif Covid Meninggal Ditelantarkan Orangtuanya
Internasional

Takut Tertular, Bayi Positif Covid Meninggal Ditelantarkan Orangtuanya

Ilustrasi

NEW DELHI, India (Waspada): Dahsyatnya hantaman tsunami Covid-19 di India membuat banyak orang berperilaku di luar kewajaran.

Sebelumnya bocah 2 tahun ditemukan dalam kondisi kelaparan di samping jenazah ibunya yang meninggal akibat virus corona. Penyebabnya, tetangga tak berani menengok karena takut tertular.

Kali ini giliran orangtua menelantarkan bayinya yang positif Covid-19 hingga meninggal hanya karena mereka takut tertular. Bayi malang itu akhirnya dibawa ke rumah sakit ketika kondisinya sudah sangat parah.

Bayi berusia 2 bulan itu dinyatakan positif sebelum meninggal pada Minggu (2/5/2021) malam di Rumah Sakit Shri Maharaja Gulab Singh, di wilayah Jammu, India.

Pejabat kesehatan setempat Dara Singh mengatakan, bayi itu sempat dirawat sejak pukul 07.00 namun meninggal pada malam hari.

“Bayi itu menderita penyakit jantung bawaan dan masalah lain, dia meninggal sekitar pukul 20.00,” katanya, seperti dikutip dari India Today, Rabu (5/4/2021). Setelah meninggal, bayi itu kembali menjalani tes Covid-19 dan hasilnya kembali positif.

“Setelah itu kami meminta orangtua untuk menjalani tes Covid juga, tapi mereka malah kabur,” ujar Singh. Upaya memanggil mereka beberapa kali juga gagal sehingga bayi mereka kembali ditelantarkan di rumah sakit.

Wilayah Jammu dan Kashmir pada Senin melaporkan 3.733 kasus Covid-19 dan 51 kematian baru. Sistem layanan kesehatan India kewalahan menghadapi lonjakan kasus baru, rumah sakit kehabisan tempat tidur dan oksigen.

Jumlah total kasus infeksi di India menembus 20 juta orang pada Selasa, setelah negara itu mengalami penambahan harian di atas 300.000 kasus selama 12 hari berturut-turut. Namun pakar medis yakin angka sebenarnya bisa 5 hingga 10 kali lipat daripada yang dilaporkan. (india today/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2