Tahu Akan Ada Pandemi, Bill Gates Jauh Hari Telah Bersiap - Waspada

Tahu Akan Ada Pandemi, Bill Gates Jauh Hari Telah Bersiap

  • Bagikan
Bos Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia, Bill Gates, telah mempersiapkan bahan makanan untuk menghadapi pandemi. CNBC

LOS ANGELES, AS (Waspada): Saat awal-awal pandemi, orang di seluruh dunia memborong berbagai barang kebutuhan dan menyimpan stok makanan dalam jumlah besar, termasuk juga tisu toilet karena takut akan ada kelangkaan.

Tapi orang terkaya dunia, Bill Gates dan istrinya, Melinda, mulai menyimpan stok makanan di ruang bawah tanah mereka selama bertahun-tahun sebelum pandemi virus corona saat ini.

“Beberapa tahun lalu, kami membicarakan terkait, ‘Bagaimana jika tak ada air bersih? Bagaimana kalau tak ada cukup makanan? Ke mana kita cari? Apa yang bisa kita lakukan sebagai sebuah keluarga?’ Jadi, saya pikir kita harus melakukan persiapan-persiapan itu untuk diri kita sendiri,” jelas Melinda dikutip dari CNBC, Kamis (8/10/2020).

“Kami telah mempersiapkan, dan menyimpan sejumlah makanan di ruang bawah tanah jika dibutuhkan, dan sekarang kita semua berada di situasi yang sama,” jelasnya.

Melinda mengatakan mereka tak bisa mempersiapkan obat khusus atau vaksin, tentunya karena “tak ada perkakas” untuk Covid-19 “Ini adalah penyakit yang kita alami bersama,” katanya. Tapi dia juga mengakui hak istimewa (privilese) keluarganya.

Pada 2010, Bill Gates memperingatkan tentang ancaman pandemi dalam unggahan di blognya setelah wabah H1N1 2009. Pada April 2018, Bill mengatakan dunia tidak siap untuk peristiwa semacam itu, yang seharusnya “menjadi perhatian kita semua,” katanya di acara yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine (NEJM).

“Dunia perlu mempersiapkan diri untuk pandemi dengan cara yang sama seriusnya dengan persiapan untuk perang,” ujarnya. Bill telah mempersiapkan segalanya sejak dia masih kecil – tumbuh selama Perang Dingin, keluarganya memiliki tong di ruang bawah tanah mereka yang “diisi dengan kaleng makanan dan air.”

“Ketika saya masih kecil, bencana yang paling kami khawatirkan adalah perang nuklir. Ketika serangan nuklir datang, kami seharusnya turun ke bawah, berjongkok, dan makan di luar tong itu, ”katanya dalam Ted Talk 2015.

“Saat ini risiko terbesar bencana global tidak terlihat seperti )perang nuklir). Sebaliknya, ini terlihat seperti (virus menular).” Yayasan Bill dan Melinda Gates menyalurkan lebih dari USD 250 juta sebagai bantuan penanganan Covid-19 di seluruh dunia. (BBC/m11)

 

  • Bagikan