Waspada
Waspada » Setahun Tak Muncul, Istri Kim Jong-un Diduga Hilang
Internasional

Setahun Tak Muncul, Istri Kim Jong-un Diduga Hilang

Istri dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Ri Sol Ju, disebutkan sudah setahun lebih tak muncul di depan public sehingga menimbulkan tanda tanya dari berbagai kalangan. AFP

PYONGYANG, Korea Utara (Waspada): Istri dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Ri Sol Ju, sudah setahun lebih tak muncul di depan publik. Hal itu memicu sejumlah pengamat bertanya terkait kabar dan keberadaan perempuan yang diyakini berusia 32 tahun tersebut.

Dilansir AFP, Selasa (2/2/2021) Ri Sol Ju terakhir kali terlihat di depan publik pada perayaan Tahun Baru Imlek di Teater Samjiyon, Pyongyang, pada 25 Januari 2020 melalui sejumlah gambar yang dirilis media pemerintah Korea Utara, KCNA.

Perayaan Imlek itu bahkan menjadi satu-satunya momen Ri Sol Ju terlihat di depan publik selama 2020. Padahal, sebelumnya, Ri Sol Ju kerap terlihat menemani sang suami dalam acara kenegaraan.

Ia bahkan menemani Kim Jong-un saat pertemuan inter-Korea yang pertama sejak 11 tahun terakhir pada 2018 lalu. Kim Jong-un juga mengajak sang istri untuk bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Juni 2019.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa Ri Sol Ju mungkin tengah sakit. Sejumlah kaum konspirasi bahkan menduga Ri Sol Ju telah “dihilangkan” rezim suaminya.

Namun, sejumlah analis menganggap saat ini Kim Jong-un hanya sudah tak peduli tentang citranya sebagai “pemimpin dunia normal”.

“Korea Utara selama ini kerap menekankan bagaimana Kim Jong-un adalah pemimpin negara biasa yang membawa istrinya ke acara-acara,” kata seorang profesor studi Korea Utara dari Universitas Kyungnam, Lim Eul-chul.

“Tapi, sekarang bagi Pyongyang, masalah ekonomi dan pencapaian nyata-bukan formalitas atau citra-yang paling penting dan mendesak,” katanya kepada portal berita NK News beberapa waktu lalu.

Lim juga mengatakan publik harus mempertanyakan rumor bahwa kesehatan Ri Sol Ju memburuk atau telah hilang. Sebab, ia mengatakan Ri Sol Ju juga pernah tak terlihat dari publik selama berbulan-bulan di masa lalu tanpa penjelasan apa pun dari Korea Utara.

Sementara itu, Direktur Divisi Penelitian Korea Utara dari Korea Institute National Unification (KINU), Hong Min, menganggap pandemi virus corona menjadi salah satu alasan mengapa Ri Sol Ju tak muncul di depan publik selama satu tahun terakhir.

“(Hilangnya Ri Sol Ju) bisa jadi karena Covid-19. Sebagai seorang ibu dengan anak kecil, berpartisipasi dalam kegiatan publik berisiko terinfeksi corona,” kata Hong. “Bahkan Kim Jong-un sendiri melakukan lebih sedikit inspeksi langsung selama satu tahun terakhir,” ujarnya menambahkan.

Media Korea Utara pertama kali memperkenalkan Ri Sol Ju pada Juli 2012. Sejak itu, ia muncul lebih dari 100 kali di acara publik. Selain karena Covid-19, sejumlah ahli meyakini ketidakhadiran Ri Sol Ju selama setahun terakhir disebabkan perubahan politik internasional. (afp/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2